Empat Kalurahan di Kulonprogo Dapat Penghargaan

user
ivan 09 September 2022, 08:32 WIB
untitled

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kulonprogo memberikan penghargaan kepada kalurahan/ kelurahan yang meraih capaian tertinggi dalam pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Pedesaan (PBB P2) yang mencapai 100 persen pada Juni 2022. Pemberian penghargaan sebagai apresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo atas loyalitas dan prestasi capaian tersebut erlangsung di Ruang Jamuan Kantor Bupati setempat, Rabu (07/09/2022).

Penghargaan berupa satu unit laptop dari Bank BPD DIY dan uang pembinaan Rp 5 juta diserahkan langsung oleh Pj Bupati Drs Tri Saktiyana kepada empat kalurahan yaitu Kalurahan Ngentakrejo Kapanewon Lendah, Kalurahan Gulurejo Kapanewon Lendah, Kalurahan Banjarharjo Kapanewon Kalibawang, Kalurahan Brosot Kapanewon Galur.

Tri Saktiyana mengatakan, fungsi pajak bukan semata-mata untuk pemasukan keuangan daerah atau Negara, banyak fungsi pajak antara lain untuk redistribusi kesejahteraan dan untuk pengendalian. “Pajak mempunyai fungsi untuk redistribusi kesejahteraan dari orang yang di atas kekayaannya kepada orang yang dibawah kekayaannya,” kata Pj Bupati.

Sementara itu, Laporan penyelenggara Kepala Bidang Pelayanan, Pendaftaran dan Penetapan Pajak Daerah Chris Agung Pramudi SH mengungkapkan, apresiasi diberikan karena belum jatuh tempo tapi sudah mencapai 100 persen di bulan Juni kepada kalurahan yang berprestasi.

Dalam ketetapan PBB P2 ada sebanyak 350.402 lembar dengan nilai nominal Rp 22 miliar, dilaksanakan proses pemungutan PBB P2 Kab Kulonprogo tahun 2022 hingga masa jatuh tempo pada (30/9) yang akan datang, sampai akhir Agustus lalu dari target 80 persen sudah tercapai 74,26 persen. (Rul)

Credits

Bagikan