Polres Sleman Naik Tipe Jadi Polresta

user
Ivan Aditya 13 September 2022, 13:54 WIB
untitled

Krjogja.com - SLEMAN - Polres Sleman naik tipologi menjadi tipe A atau Kepolisian Resor Kota (Polresta Sleman). Kenaikan tipologi tersebut, tertuang dalam surat Kemenpan RB tertanggal 4 Agustus 2022 dengan tindak lanjut Surat Keputusan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tertanggal 30 Agustus 2022.

Perubahan itu, tak hanya membawa dampak dalam struktur organisasi, namun juga jumlah personel. "Dengan adanya peningkatan tipologi Polres Sleman berubah tipe A, maka jika sebelumnya dipimpin oleh polisi berpangkat AKBP, nantinya Polresta Sleman akan dipimpin oleh polisi berpangkat Kombes. Selain Kapolresta, jabatan di bawahnya seperti Wakapolresta dan Kasat juga akan mengikuti,"  jelas Slamet, Selasa (13/09/2022).

Sedangkan untuk tingkat Polsek, Polda masih menunggu keputusan dari Mabes, apakah akan serta merta mengikuti kenaikan tipe itu atau tidak. Mengingat, saat ini masih ada beberapa Kapolsek dengan pangkat AKP dan Kompol. Saat ini, lanjut Waka, jumlah personel Polres Sleman dan jajaran Polsek sekitar 1.600 personel.

Dengan perubahan tipologi, Polresta Sleman akan memiliki anggota sekitar 2.000 orang termasuk Polsek jajaran. Menurut Wakapolda, perubahan tipologi itu sesuai dengan situasi di Kabupaten Sleman yang terdiri dari 19 Polsek dari 17 kecamatan dan karakteristik kerawanan wilayah yang cukup tinggi.

"Dalam waktu dekat tentu akan kami tindak lanjuti dengan pengukuhan, sembari menunggu mutasi jabatan dari Mabes untuk mengisi Kapolresta Sleman. Dengan kenaikan tipologi ini, kami berharap layanan kepada masyarakat akan semakin baik," pungkasnya. (Ayu)

Credits

Bagikan