Masuk 20 Desa Brilian, Warga Banjararum Dapat Bantuan 450 Bibit Tanaman

user
Ary B Prass 13 September 2022, 23:47 WIB
untitled

Krjogja.com - Pemerintah Kalurahan (Pemkal) Banjararum Kapanewon Kalibawang Kabupaten Kulonprogo menyambut positif wilayah mereka masuk 20 Desa Brilian. Dengan demikian kalurahan tersebut menjadi desa/ kalurahan binaan BRI dalam mengembangkan segala potensi yang dimiliki.


"Program Brilian gayung bersambut dengan program kami. Apalagi banyak potensi yang dimiliki Kalurahan Banjararum bisa dikembangkan. Termasuk membagikan 450 bibit tanaman buah di wilayah kami, sangat pas dalam upaya melakukan pelestarian alam di antaranya menggiatkan penanaman bibit buah-buahan," kata Lurah Banjararum Warudi saat menghadiri Program BRI Menanam yang diadakan BRI Kantor Cabang (Kancab) Wates di balai kalurahan setempat, Selasa (13/9/2022).


Selain Banjararum Kalurahan Banjarasri Kapanewon Kalibawang juga masuk 20 Desa Brilian.
Lurah Warudi mengajak warganya menjaga kebersihan lingkungan tidak membuang sampah sembarangan. Sementara dalam upaya pelestarian alam dirinya mengimbau warga berpartisipasi aktif menamam bibit buah-buahan di pekarangan masing-masing.

"Semua program untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pelestarian lingkungan wajib kita dukung dan sukseskan bersama," tegasnya.

Asisten Manajer Bisnis Mikro (AMBM) BRI Kancab Wates, Kasihati mengatakan, pembagian ratusan bibit tanaman mangga bagi warga Kalurahan Banjararum karena kalurahan tersebut masuk nominasi Desa BRILian yang diadakan BRI.

"Dari sisi nasabah, warga kalurahan ini banyak yang memanfaatkan produk layanan BRI sehingga masuk nominasi 20 Desa Brilian di Kabupaten Kulonprogo," katanya menambahkan kalurahan di Kulonprogo terbanyak yang masuk Desa Brilian untuk ruang lingkup Kanwil BRI DIY.

Agar pelayanan BRI semakin dekat dengan masyarakat maka BRI Kancab Wates meluncurkan Program Pojok Mantri Desa (PMD) di setiap kantor kalurahan di seluruh Kabupaten Kulonprogo. "Mantri BRI di kalurahan tersebut akan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat baik urusan pembayaran kredit, tabungan maupun konsultasi terkait keuangan," ujarnya.

Kepala Unit BRI Dekso, Roy Pusaka Aji menjelaskan, Program Desa Brilian merupakan program pemberdayaan desa bertujuan menghasilkan role model dalam pengembangan desa melalui implementasi praktik kepemimpinan desa yang unggul dan semangat kolaborasi untuk mengoptimalkan potensi desa berbasis SDG’s.

Desa–desa atau kalurahan yang tergabung dalam program Desa Brilian diharapkan menjadi sumber inspirasi kemajuan desa yang dapat direplikasi ke desa-desa lainnya. (Rul)

Credits

Bagikan