Waspada! Muncul Cluster Umrah, 1 Warga Meninggal Terpapar Covid-19

user
Agusigit 14 September 2022, 15:11 WIB
untitled

Krjogja.com - TEMANGGUNG - Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung mencatat kematian warga karena terpapar Covid-19 usai menjalankan ibadah umrah di tanah suci. Warga tersebut meninggal dalam perawatan di rumah sakit.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung dr Intan Pandanwangi mengatakan petugas medis RSUD Temanggung telah berusaha seoptimal mungkin dalam perawatan.

"Warga tersebut punya komorbid. Dan meninggal beberapa waktu setelah masuk dalam perawatan RSUD Temanggung," kata dr Intan Pandanwangi, Rabu (14/9).

dr Intan mengatakan petugas dari Puskesmas setempat langsung melakukan tracing pada keluarga dan ditemukan setidaknya tiga yang terpapar Covid-19. Kini mereka sedang menjalani isolasi mandiri.

Dia mengatakan petugas juga sedang berkomunikasi dengan biro perjalanan umrah yang dipergunakan untuk melakukan tracing, yakni siapa saja yang berinteraksi.

Pihaknya berharap tidak ada lonjakan kasus di Temanggung, saat ini tercatat ada 15 warga yang terpapar Covid-19 dan sekitar 2 diantaranya menjalani perawatan di RSUD Temanggung.

"Jadi ada 13 yang dalam perawatan di rumah atau isolasi mandiri. Mereka dalam pemantauan puskesmas setempat," kata dia.

Kasus Covid-19 di Temanggung secara keseluruhan terdapat 15.149 kasus terkonvirmasi dengan 14.512 sembuh dan meninggal 622 orang.

Informasi yang diterima KR menyebut warga tersebut sudah mulai merasakan gejala tidak enak badan saat di tanah suci. Dalam perjalanan, yakni di pesawat terbang sakit yang diderita semakin parah, sehingga begitu sampai di Temanggung kemudian di bawa ke RSUD Temanggung untuk menjalani perawatan. Berdasar pemeriksaan dinyatakan positif terpapar Covid-19, hingga kemudian meninggal dunia. (Osy)

Credits

Bagikan