UAD Fasilitasi SD Muhammadiyah Sokonandi Program Digitalisasi Rapor Berbasis Web

user
Ivan Aditya 27 Agustus 2022, 11:57 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Bertempat di Laboratorium Informatika Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan, telah berlangsung pelatihan dan pendampingan penggunaan e-rapor berbasis web untuk seluruh guru di SD Muhammadiyah Sokonandi 1 dan 2. Pelatihan yang dihadiri peserta sebanyak 62 guru ini terbagi dalam dua gelombang.

Gelombang pertama diselenggarakan pada Sabtu, 27 Agustus 2022 mulai pukul 08.00 WIB dihadiri 30 guru dari SD Muhammadiyah Sokonandi 1. Gelombang kedua terlaksana pada 3 September 2022 dihadiri 32 guru dari SD Muhammadiyah Sokonandi 2. Acara yang berlangsung selama 4 jam tersebut, dimulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 12.00 WIB diikuti dengan sangat antusias baik peserta gelombang pertama maupun kedua.

"Acara ini kita selenggarakan dalam rangka program pengabdian dosen UAD. Saat ini diwakili kami bertiga dibantu 2 mahasiswa. Kami mempersiapkan rangkaian agenda dari mulai FGD dengan pihak sekolah, pembuatan aplikasi basis web, pelatihan, dan pendampingan dalam program digitalisasi rapor atau e rapor untuk SD Muhammadiyah Sokonandi 1 dan 2," demikian salah satu penggalan kata pengantar dari ketua pelaksana pengabdian yang sekaligus sebagai Ketua Program Studi Informatika UAD, Nur Rochmah Dyah Puji Astuti, S.T., M.Kom.

Program digitalisasi rapor basis web ini diusung oleh beliau dan timnya. Dua dosen dalam satu tim tersebut adalah Adhi Prahara, S.T., M.Kom. dan Ali Tarmuji, S.T., M.Cs., yang berkolaborasi dengan kedua mahasiswa Prodi Informatika, Redho Harli Saputra dan Panji.

“Rencananya system e raport ini akan digunakan untuk proses penilain rapot di SD Muhammadiyah Sokonandi akan diuji coba untuk tahun ajaran 2022-2023 ini,” ungkap Adhi Prahara, S.Si., M.Cs.

“Kegiatan kemitraan ini tidak berhenti sampai disini, setelah pelatihan E rapot rencana ada kegiatan lanjutan yang akan didiskusikan Kembali hasil masukan-masukan dari beberapa peserta guru saat diskusi penutupan kegiatan,” ungkap Ali Tarmuji, ST., M.Cs selaku TIM kegiatan ini. (*)

Kredit

Bagikan