KONI Karanganyar Ajukan 25 Cabor ke Porprov 2023

user
Ivan Aditya 15 September 2022, 16:32 WIB
untitled

Krjogja.com - KARANGANYAR - KONI Kabupaten Karanganyar optimistis merebut peringkat 10 besar di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah pada 2023 mendatang. Perolehan medali emas dari 17 cabor yang dipertandingan pra event membuatnya yakin Kabupaten Karanganyar mampu memperbaiki peringkatnya yang jeblok saat Porprov 2018 lalu.

Sekretaris KONI Karanganyar, Samadi mengatakan pra event jelang porprov diikuti 17 cabor, menyumbang 20 medali emas. Diantaranya di Kejurprov karate, atletik, catur, tarung bebas, renang dan lainnya. Perolehan medali sebanyak itu, lanjutnya, menunjukkan para atlet siap melenggang ke tingkat Porprov. Menurutnya, KONI makin bersemangat mempersiapkan kemenangan gemilang bagi Kabupaten Karanganyar.

“Kami ingin membalas kekalahan saat Porprov 2018. Saat itu kita anjlok ke peringkat 29 dari 35 kabupaten/kota. Hanya dapat empat medali emas,” kata Samadi di ruang kerjanya, Kamis (15/9).

Dirinya melihat banyak peluang dari para atlet yang memenangkan kejuaraan di pra Porprov. Mereka lolos kualifikasi di berbagai tahapan kejuaraan. Kini, KONI tinggal menyiapkan infrastruktur dan dukungannya agar prestasi tetap bertahan bagus.

Samadi menyebut dukungan anggaran sangat diperlukan. Sehingga, ia meminta hibah dengan porsi layak di 2023 mendatang. Hibah ideal lebih dari Rp1 miliar bersumber APBD sedang diperjuangkan.

“Hibahnya lewat Disparpora. Kami sudah berkoordinasi ke TAPD agar 2023 mendatang, APBD menghibahkan ke KONI lebih dari Rp1 miliar. Itu untuk mensuport para atlet. Termasuk bonus, akomo dasi, transportasi ke tempat bertanding sekaligus perbaikan infrastruktur berlatih tiap hari,. Pelatih juga disiapkan,” katanya.

Jelang Porprov pada September 2023 mendatang, waktu tersisa 1 tahun dinilai relatif singkat. Sambil mengejar perbaikan infrastruktur olahraga, para atlet diminta berlatih serius.

Di Porprov menatang, KONI mengikuti 25 cabor unggulan. Penting diketahui, Porprov Jawa Tengah 2023 rencananya akan mempertandingkan 57 cabang olahraga dengan 70 disiplin dan 872 nomor pertandingan. Pelaksanaan Porprov direncanakan 9-16 September 2023. Pembukaan Porprov dijadwalkan digelar di Stadion Joyokusumo Pati. Adapun penutupan direncanakan di Stadion Wergu Wetan Kudus. (Lim)

Kredit

Bagikan