Bengkel Ini Bisa Modif Motor Roda Tiga, Seluruh Mekanik Penyandang Disabilitas

user
Ivan Aditya 15 September 2022, 19:32 WIB
untitled

Krjogja.com - BANTUL - Sebuah bengkel di Ngaglik Patalan Kapanewon Jetis Kabupaten Bantul sekilas tampak biasa seperti yang lainnya. Namun ketika dilihat lebih jauh, bengkel ini ternyata sangat spesial dan menarik untuk diselami lebih jauh.

Betapa tidak, bengkel yang kini diberi branding Pertamina ini dikelola oleh orang-orang luar biasa. Enam montir handal yang bisa memperbaiki motor roda dua, roda tiga hingga perawatan kursi roda dan bahkan pembuatan modifikasi adalah para penyandang disabilitas.

Adalah sosok Yulianto (50) yang menginisiasi bengkel difabel itu, tepatnya pada 2008, dua tahun setelah gempa bumi hebat yang melanda Jogja pada 2006 silam. Yulianto bersama berbagai relawan kala itu menaruh perhatian pada masyarakat yang menjadi difabel karena bencana alam dan kebingungan ketika piranti penunjang mobilitas seperti kursi roda rusak.

“Tahun 2008 kami bentuk, untuk membantu difabel yang kesulitan memperbaiki kursi roda atau alat bantu mobilitas lainnya. Kami servis kursi roda begitu, lalu ternyata terus bertumbuh hingga kini,” ungkapnya pada wartawan di sela penyerahan bantuan CSR Pertamina, Kamis (15/09/2022).

Saat ini, bengkel di Ngaglik Patalan itu terus berkembang dengan adanya enam montir yang bekerja. Semua adalah penyandang disabilitas yang terus berkarya di tengah keterbatasan fisik.

“Semuanya difabel, bisa melakukan servis ringan motor roda dua dan roda tiga, ganti oli, pengelasan, perbaikan juga. Semua teman-teman difabel yang mengerjakan,” sambungnya.

Yulianto yang juga menjadi Ketua National Paralympic Comitte (NPC) Bantul ini menceritakan bengkel yang diampunya bisa membuat modifikasi motor untuk menunjang mobilitas difabel. Tak tanggung-tanggung, modifikasi mereka sudah dipesan hingga luar pulau, menuju Kalimantan.

“Kalau modif (motor difabel) ini biasanya dua pekan, bisa jenis sespan samping, motor roda 3 dan pindah stang, sesuai kebutuhan penggunanya. Semua jenis motor bisa, bahkan itu motor kopling seperti CBR juga bisa,” lanjutnya tersenyum.

Kali ini bengkel Yulianto mendapatkan bantuan dari Pertamina melalui anak perusahaan Pertamina Retail dan Lubricant yang memberikan tambahan perkakas serta pelatihan para montir. Kini bengkel semakin lengkap, bisa melakukan ganti oli dengan peralatan dan sumber daya manusia lebih mumpuni.

Nur Hidayati, Manager CSR Pertamina dan SMEPP C&T, yang hadir di bengkel turut berharap agar bantuan yang diberikan bisa membawa manfaat lebih untuk para difabel khususnya di Bantul dan sekitarnya. Bengkel Pertamina Sahabat Difabel diharapkan bisa menjadi awal dari kolaborasi-kolaborasi selanjutnya.

“Semoga program ini bisa terus berjalan dan berkesinambungan. Kami berharap keberadaan kami bisa membawa manfaat dan energi positif untuk masyarakat di sini,” tandas dia. (Fxh)

Credits

Bagikan