Kabupaten Kulonprogo Pilih Anak Panah Jadi Logo Hari Jadi ke-71, Ini Artinya

user
Agusigit 15 September 2022, 19:46 WIB
untitled

Krjogja.com - KULONPROGO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo mengapresiasi kerja optimal panitia, juri dan tingginya animo peserta dalam mensukseskan Lomba Cipta Logo Hari Jadi ke-71 Kabupaten Kulonprogo. Dengan media logo tersebut diharapkan mampu merepresentasi semangat seluruh unsur masyarakat dalam menyambut Peringatan Hari Jadi ke-71 Kabupaten Kulonprogo pada 15 Oktober mendatang.

Logo yang meraih juara satu, nampak simple tapi mengandung makna sangat bagus. Dengan Logo Hari Jadi ke-71 menjadi penyemangat dan menyatukan kita bersama.

"Pada logo tersebut seperti panah dan bisa diartikan juga pesawat siap melesat dan terbang untuk meraih kesejahteraan masyarakat Kulonprogo sesuai Tema Hut ke-71 Kulonprogo 'Bangkit Bersama, Ekonomi Tertata, Sejahtera Tercipta," kata Pj Bupati setempat Drs Tri Saktiyana saat launcing Logo Hari Jadi ke-71 Kabupaten Kulonprogo di Dermaga Wisata Glagah Kapanewon Temon, Kamis (15/9)

Launching logo merupakan hasil Lomba Cipta Logo Hari Jadi ke-71 Kulonprogo Kulonprogo yang dilaksanakan Dinas Pariwisata dan Bagian Pemerintahan Setda setempat

Panitia Lomba Cipta Logo Hari Jadi ke-71, Jazil Ambar Was'an mengatakan lomba untuk menumbuhkan rasa cinta daerah sekaligus bentuk apresiasi, penghargaan dan membangun kreativitas masyarakat Kulonprogo pada khususnya dan untuk menggaungkan Kabupaten Kulonprogo di seluruh Indonesia. "Peserta lomba warga Negara Indonesia, sesuai misi kita untuk menggaungkan Kulonprogo ke seluruh tanah air. Melalui medsos, Kulonprogo lebih dikenal masyarakat di seluruh Indonesia," jelasnya.

Lomba berlangsung 25 Agustus-12 September dengan total 817 peserta. Penilaian oleh dewan juri Dr Sumbo Tinarbuko (akademi), Drs Dwi Suyamto (Dewan Kebudayaan) dan Kuntadi SE (PWK). "Juara satu mendapatkan piagam penghargaan dan uang Rp 5 juta, juara kedua Rp 3 juta dan juara ketiga Rp 2 juta," tutur Jazil.

Adapun Logo Hari Jadi ke-71 yang menjadi juara pertama merupakan karya Kusmaya warga Kota Bandung Jabar. Logo tersebut divisualisasikan angka 71 membentuk sebuah panah sangat cocok dan tepat dengan tema yang diusung yaitu Bangkit Bersama, Ekonomi Tertata, Sejahtera Tercipta.

Uraian makna yang dilampirkan peserta, bentuk panah dipresentasikan sebagai tujuan dan arah yang jelas, perhitungan cermat, konsentrasi dan keterbukaan. Warna hijau pada angka 7 dipresentasikan sebagai kemakmuran, yang menciptakan kesejahteraan sekaligus memberikan rasa aman. Sedangkan warna orange pada angka 1 dipresentasikan sebagai sikap optimis dalam meraih tujuan, semangat yang tak pernah padam dan kepercayaan diri akan hasil baik yang akan dicapai. (Rul)

Credits

Bagikan