Peringatan Hari Jadi ke-71 Kulonprogo Akan Meriah

user
Agusigit 16 September 2022, 07:12 WIB
untitled

Krjogja.com - KULONPROGO - Hampir tiga tahun masa pandemi Covid-19, Hari Jadi Kabupaten Kulonprogo selalu diperingati secara terbatas dan sederhana. Tapi untuk 2022, peringatan hari bersejarah bagi Kulonprogo bertemakan 'Bangkit Bersama, Ekonomi Tertata, Sejahtera Tercipta' tersebut akan dihelat secara besar-besaran dan diramaikan berbagai event berskala nasional.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kulonprogo juga Ketua Panitia Peringatan Hari Jadi ke-71 Kabupaten Kulonprogo, Ir Bambang Tri Budi Harsono menjelaskan, beberapa tahun terakhir pandemi Covid-19 menyebabkan Pemkab Kulonprogo tidak mungkin mengadakan event peringatan hari jadi.

Seiring perkembangan yang baik terhadap penanganan Covid-19 maka HUT ke-71 Kabupaten Kulonprogo 15 Oktober mendatang akan digelar peringatan secara terbuka untuk umum dan dibuat semeriah mungkin tapi tetap menjaga protokol kesehatan.

"Kegiatan-kegiatan peringatan hari jadi Kulonprogo 2022 memang sempat akan dibatalkan, tapi setelah kita melihat perkembangan status Covid-19 Level I dan dengan syarat tertentu maka event-event harus diadakan, tentunya sudah melalui kajian bersama Dinas Kesehatan," kata Bambang Tri saat konferensi pers yang digelar Dinas Kominfo tentang Kegiatan Peringatan Hari Jadi ke-71 Kabupaten Kulonprogo Tahun 2022 di RM Pandan Sari, Temon, Kamis (15/9).

Berbagai rangkaian kegiatan yang akan dilakukan dalam menyemarakkan hari jadi ke-71 Kulonprogo diharapkan menjadi momentum bagi kabupaten ini untuk bangkit bersama pascapandemi. "Harapan kita seperti itu, sesuai tema hari jadi Bangkit Bersama, Ekonomi Tertata, Sejahtera Tercipta, Kabupaten Kulonprogo bangkit dan maju pascapandemi Covid-19," ujar Bambang.

Sekretaris Panitia Peringatan Hari Jadi ke-71 Kulonprogo, Triyanto Raharjo MSi menjelaskan, momentum hari jadi ke-71 diharapkan mampu menggerakkan kembali roda perekonomian setelah puruk akibat Covid-19. Momentum kemeriahan peringatan hari jadi tahun ini juga diharapkan bisa dirasakan oleh lebih banyak masyarakat di seluruh wilayah Kuloprogo.

"Selain itu, kegiatan yang kita gelar dapat menjadi media siar, tidak hanya bagi masyarakat Kulonprogo tapi juga bisa menarik dan mengenalkan Kulonprogo di tingkat nasional," jelasnya.

Selain kegiatan inti, berbagai rangkaian event pendukung juga akan digelar. Tercatat 28 kegiatan pendukung yang telah diadakan sejak 25 Agustus dan akan berlangsung hingga 11 Desember dengan agenda antara lain lomba-lomba, kegiatan sosial, pertunjukan seni budaya, pariwisata, kuliner, olahraga dan launching film. Rangkaian peringatan akan ditutup event Kulonprogo Expo 2-11 Desember yang merupakan pameran berskala nasional rencana dimeriahkan artis nasional. (Rul)-

Credits

Bagikan