Unimus Terima 128  Mahasiswa Inbound Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

user
Agusigit 15 September 2022, 21:40 WIB
untitled

 
SEMARANG - Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menyambut 128 mahasiswa inbound Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch II tahun 2022  dari 38 Perguruan Tinggi Negri dan Swasta (PTN/S) di Indonesia, Senin (12/9/2022).
 
Kegiatan penyambutan dihadiri di antaranya Rektor Unimus Prof Dr Masrukhi MPd, Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Budi Santosa MSiMed, Ketua Program PMM Batch II Unimus Andari Puji Astuti MPd, para dekan, Kaprodi kepala bagian dan kepala biro di lingkungan Unimus.
 
Prof Dr Masrukhi MPd dan Andari Puji Astuti MPd menyampaikan Unimus menjadi salah satu Host dari 481 Perguruan Tinggi di Indonesia yang dipercaya pemerintah melaksanakan Program PMM Modul Nusantara. Kegiatan PMM tahun 2022 ini diikuti oleh 35.107 Mahasiswa calon peserta yang kemudian diseleksi menjadi 12.722 peserta dan yang hadir di Unimus 128 peserta dari 38 perguruan tinggi dari Aceh sampai Papua.
 
"Unimus merupakan ranking 3 tertinggi peminat dari Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Tengah dengan jumlah peminat 231 peserta dan yang berhasil lolos 128 Peserta, dan tersebar di beberapa Program Studi di Unimus. Dalam kegiatan PMM tahun ini peserta selama 4 bulan akan mengikuti 25 kegiatan yang telah ditetapkan sejak keberangkatan sampai pemulangan nanti,
 
"Kita semua paham betul bahwa Indonesia merupakan negara dengan tingkat pluraritas tertinggi di dunia dengan berbagai perbedaan yang ada, mulai dari suku, budaya, agama, ras, bahasa dan kebiasaan. Kita biasa beragam dan kondisi riil bangsa ini sebagai anugerah Tuhan yg sangat indah dan perlu dijaga" ujar Rektor.
 
Menurut Rektor, salah satu tujuan Mendikbudristek Nadiem Makarim 
menyelenggarakan program PMM Modul Nusantara sebagai bagian dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) agar mahasiswa memiliki jiwa kebhinekaikaan dan beraneka ragam dalam persatuan.
 
"Melalui kegiatan ini saya berharap peserta PMM tahun 2022 ini bisa mendapatkan pengalaman dan juga ilmu yang berharga dari Unimus untuk nantinya diterapkan ketika sudah pulang dan kembali ke asal universitas masing–masing" tandas Prof Masrukhi MPd.
 
Sementara itu Ketua Program PMM Batch II Unimus Andari Puji Astuti MPd menyampaikan program PMM Modul Nusantara bertujuan belajar toleransi dan makin cinta tanah air melalui 
keragaman budaya Indonesis, budaya Jateng dan kota Semarang beserta kulinernya. 
 
 "Peserta dibagi 6  kelompok (Lumpia, Ganjel rel, Gimbal, Wingko, Iwak peyek dan Moci) dan dibimbing 6 dosen DPL .  Dua puluh lima kegiatan bakal dilaksanakan dengan bentuk kebhinekaan (melakukan 14 kunjungan tentang keragaman budaya dan kuliner di Semarang dan Jateng), Inspirasi (mendatangkan Gubernur, Arie Susanti, dan Anna Avantie) , Refleksi, dan Kontribusi Sosial (kegiatan sosial serta festival seni budaya keberagaman)" ujar Andari. (Sgi)

Kredit

Bagikan