Mau Sholat Jumat di Masjid Mana Hari Ini?

user
Ary B Prass 16 September 2022, 10:17 WIB
untitled

Krjogja.com - Jika Anda sedang dalam perjalanan dan bingung mau sholat Jumat di mana, mungkin masjid-masjid besar di Yogyakarta ini bisa jadi alternatif. Masjid-masjid tersebut beberapa mempunyai nilai sejarah dan dirancang sedemikian rupa sehingga selain nyaman, indah dan menawan bisa menambah kehusyuan saat kita beribadah.

Beberapa masjid besar di Yogyakarta ini ada yang dimiliki oleh swasta, perguruan tinggi, organisasi Islam, hibah, hingga perorangan. Berikut 7 masjid di Yogyakarta yang bisa jadi jujugan saat Jumatan:

1. Masjid Gedhe Kauman
Masjid Gede Kauman merupakan masjid bersejarah yang terletak di dekat alun-alun utara Jogja, tepatnya Jl. Kauman, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Masjid ini bergaya bangunan jawa yang dikelilingi oleh suatu dinding yang tinggi. Arsitektur bangunan induk berbentuk tajug persegi tertutup dengan atap bertumpang tiga.

2. Masjid Syuhada
Masjid Syuhada terletak di pusat Kota Jogja, hanya berjarak lima menit dari Malioboro. Masjid ini merupakan masjid bersejarah dan telah ada sejak 1950. Lokasinya berada di Jl. I Dewa Nyoman Oka No. 13, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, DIY.

3. Masjid Gedhe Mataram Kotagede
Masjid Gede Mataram Kotagede merupakan masjid tertua di Yogyakarta yang berlokasi di selatan kawasan Pasar Kotagede, tepatnya di kelurahan Jagalan, kecamatan Banguntapan, Bantul. Gapura masjid ini menyerupai tempat peribadatan umat Hindu dan Buddha. Jika masuk ke ruang utama masjid akan terasa kunonya dan nilai sejarah masjid ini.

4. Masjid Suciati Saliman
Masjid Suciati Saliman merupakan adalah masjid pribadi milik dari Ny. Suciati, salah seorang pengusaha ayam potong yang ada di Jogja. Berkat kesuksesannya, beliau mendirikan masjid ini sebagai tempat ibadah yang nyaman dan megah, terinspirasi dari model Masjid Nabawi di Madinah.

Berlokasi di Jalan Gito Gati, Pandowoharjo, Sleman, DIY, masjid Suciati dibangun di atas lahan seluas 1.600 meter persegi dengan tinggi bangunan tiga lantai dan satu basement. Masjid ini bernuansa Timur Tengah berbalut arsitektur Jawa.

5. Masjid Ulil Albab UII
Masjid Ulil Albab Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta, merupakan masjid kampus terpadu UII yang terletak di Jalan Kaliurang Km. 14,4 Sleman, Yogyakarta. Masjid ini memiliki bentuk yang sangat artistik, megah, dan modern. Terdapat kubah besar berwarna kuning keemasan yang menarik dari kejauhan. Sekilas, bentuk bangunan seperti Colosseum di Roma.

6. Masjid Kristal Khadija
Masjid Kristal Khadija terletak di Jalan Raya Tajem, tepatnya di area Sekolah Budi Mulia Dua. Masjid ini memiliki hiasan dinding berbentuk kaligrafi yang dilengkapi dengan kristal.

7. Masjid Kampus UGM
Masjid Kampus UGM terletak di area kampus UGM. Masjid ini dikelilingi pepohonan dan area taman yang luas. Terdapat pula menara yang tinggi di depan masjid. Bangunan ini memiliki dua lantai, di mana semuanya merupakan bangunan yang terbuka. (*)

Credits

Bagikan