Anggaran Renovasi Atap Pasar Kliwon Temanggung Diketok

user
Agusigit 16 September 2022, 17:11 WIB
untitled

Krjogja.com - TEMANGGUNG - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan Pemerintah Kabupaten Temanggung sepakat menganggarkan dana Rp 200 juta untuk perbaikan atap pasar Kliwon Utara.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Temanggung Entargo Yutri Wardhono mengatakan atap pasar Kliwon bagian utara bocor.

"Akibatnya, bila hujan mengguyur air masuk ke pasar. Lantai pasar seperti banjir. Pedagang terkena dampaknya. Barang dagangan rusak dan pengunjung juga enggan datang," kata Entargo Yutri Wardono, Jumat (16/9).

Dia mengatakan dana Rp 200 juta dianggarkan pada APBD Perubahan 2022. Perbaikan itu hanya pada satu blok saja, yakni yang terparah mengalami kerusakkan.

"Memasuki hujan intensif harapan atap pasar Kliwon yang rusak sudah selesai," kata dia.

Dia mengatakan pada tahun 2023, rencana ada perbaikan atap pasar Kliwon Utara secara menyeluruh agar pedagang dan pengunjung pasar bisa beraktivitas secara nyaman dan produktif.

Anggota Badan Anggaran DPRD Kabupaten Temanggung Slamet Eko Wantoro mengatakan di badan anggaran DPRD saat pembahasan APBD Perubahan 2022 dibahas perbaikan atap pasar Kliwon utara Temanggung.

"Disetujui Rp 200 juta untuk perbaikan atap pasar Kliwon, tetapi hanya satu blok. Sudah ada rencana perbaikan atap secara menyeluruh di 2023," kata dia.

Dia mengatakan perbaikan pada 2022 ini hanya secara darurat. Sedangkan perbaikan menyeluruh pada 2023, karena dimanfaatkan untuk pedagang.

Anggota DPRD dari F PKB Ummi Tsuaibah mengatakan pasar daerah yang tidak representatif terutama pasar Kliwon untuk segera diperbaiki. "Pasar Kliwon untuk diperbaiki, kami setuju dianggarkan Rp 200 juta untuk perbaikan atap," kata dia.

Dia mengatakan pada anggaran tahun 2023 diharapkan bisa rehap pasar lebih besar sehingga pedagang bisa lebih nyaman dalam bekerja.

Anggota Fraksi Partai Golkar Jarjono mengatakan Fasilitas perdagangan di pasar daerah terutama Pasar Kliwon Temanggung sangat memprihatinkan sehingga harus diperbaiki yang satu diantaranya adalah atap pasar Kliwon utara yang harus segera diperbaiki.

Anggota Fraksi PPP Ahmad Syarif Yahya mengatakan penting adanya perbaikan pasar tradisional untuk kenyamanan pengunjung pasar dan bisa lebih produktif. "Perbaikan pasar diharapan mampu meningkatkan pendapatan pedagang," kata dia. (Osy)

Credits

Bagikan