BRI Menanam di Sendangsari, Dekatkan Pelayanan dan Dukung Sukseskan Kampung Iklim

user
Ivan Aditya 16 September 2022, 17:17 WIB
untitled

Krjogja.com - KULONPROGO - Sebagai kampung iklim, Kalurahan Sendangsari Kapanewon Pengasih Kabupaten Kulonprogo terus berupaya agar pada masa-masa mendatang wilayah tersebut menjadi yang terbaik dalam Program Kampung Iklim (ProKlim) yang dikelola Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Sehingga dengan adanya bantuan ratusan bibit tanaman alpokat dari Bank BRI akan sangat membantu kami dalam menyempurnakan kampung iklim sehingga ke depan bisa meraih juara atau maksimal dalam upaya pengendalian perubahan iklim di Indonesia," kata Lurah Sendangsari, Pengasih Suhardi saat menerima bantuan 200 bibit tanaman dari BRI Unit Pengasih melalui Program BRI Menanam, di Balai Kalurahan setempat, Jumat (16/09/2022).

Dijelaskan, bantuan bibit tanaman alpokat akan didistribusikan ke Kelompok Wanita Tani, BUMKalurahan dan masyarakat umum termasuk pengelola kampung iklim di Pedukuhan Kroco, Pengasih. "Pada 2021, kami meraih penghargaan praktisi terbaik kampung iklim tingkat Nasional. Mudah-mudahan bantuan bibit tersebut akan mendukung kesuksesan kampung iklim di Sendangsari," harapnya.

Aksi pada kampung iklim pengendalian kekeringan, banjir dan longsor, peningkatan ketahanan pangan dan pengendalian penyakit terkait iklim. Asisten Manajer Bisnis Mikro (AMBM) BRI Kancab Wates, Kasihati menjelaskan, pembagian 200 bibit tanaman alpokat di Sendangsari dan Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMK) Sendang Arta tersebut merupakan realisasi Program BRI Menanam yang dilaksanakan secara Nasional.

"Adapun dipilihnya Kalurahan Sendangsari sebagai penerima bantuan bibit tanaman buah-buahan karena kalurahn tersebut masuk 20 Desa Brilian. Di Kulonprogo sendiri terbanyak Desa Brilian untuk lingkup Kantor Wilayah (Kanwil) BRI DIY," ujarnya.

Kepala Unit BRI Pengasih, Titik Dwiyanti menambahkan terpilihnya Kalurahan Sendangsari sebagai Desa Brilian tidak lepas dari banyaknya masyarakat setempat yang menjadi nasabah Bank BRI, baik sebagai nasabah penabung maupun memanfaatkan produk layanan lain seperti halnya Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Dalam memaksimalkan pelayanan sekaligus memberikan kemudahan kepada masyarakat nasabah, maka BRI Cabang Pengasih melaksanakan Program Pojok Mantri Desa (PMD). "Dengan PMD kami menempatkan petugas di Kantor Kelurahan Sendangsari untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, sehingga warga tidak perlu jauh-jauh ke kantor unit atau cabang tapi cukup ke kantor kelurahan semuanya akan dibantu petugas kami," jelas Titik Dwiyanti. (Rul)

Credits

Bagikan