DPRD Minta Penyaluran Bantuan Tepat Sasaran

user
Ivan Aditya 18 September 2022, 08:32 WIB
untitled

Krjogja.com - SUKOHARJO - DPRD Sukoharjo meminta penyaluran bantuan sosial terkait kebijakan pemerintah menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) disegerakan dan tepat sasaran. Sebab bantuan sosial tersebut sudah dinanti masyarakat. Diharapkan bantuan sosial dapat meringankan beban masyarakat setelah ada penyesuaian harga BBM.

Ketua DPRD Sukoharjo Wawan Pribadi, Sabtu (17/09/2022) mengatakan, pemerintah pusat telah menyiapkan berbagai bantuan sosial terkait kebijakan penyesuaian harga BBM untuk masyarakat. Dalam penyaluran bantuan sosial tersebut DPRD Sukoharjo meminta agar disegerakan dan tepat sasaran. Sebab harga BBM sudah naik dan berlaku sejak beberapa hari lalu. Hal ini sudah memberikan dampak bagi masyarakat.

Penyaluran bantuan sosial diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat. DPRD Sukoharjo ikut membantu melakukan pengawasan langsung penyaluran bantuan sosial tersebut agar bisa tepat sasaran.

"Dampak kenaikan harga BBM memang belum terlalu terlihat. Tapi semua tetap diantisipasi dan diharapkan pemerintah segera menyalurkan bantuan sosial dan tepat sasaran untuk membantu masyarakat," ujarnya.

Beberapa bantuan sosial yang disiapkan pemerintah seperti bantuan langsung tunai (BLT). Selain itu ada juga program bantuan lainnya dari pemerintah yang rutin diberikan pada masyarakat seperti Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Bantuan sosial diharapkan dapat menekan dampak kenaikan harga BBM di masyarakat. Sebab kenaikan harga BBM dikhawatirkan bisa memicu penyesuaian harga kebutuhan pokok lainnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Widodo mengatakan, Pemkab Sukoharjo tetap melakukan pengawasan terkait dampak penyesuaian harga BBM. Salah satunya terkait aktivitas pasar dimana ikut terkena dampak dengan naiknya harga kebutuhan pokok. Pemkab Sukoharjo rutin melakukan inspeksi mendadak (sidak) dengan memantau langsung kondisi pasar. Petugas melihat stok barang dan harga kebutuhan pokok pangan.

Pengawasan juga dilakukan terkait penyaluran bantuan sosial oleh pemerintah setelah ada penyesuaian harga BBM. Pemkab Sukoharjo melalui dinas terkait memantau langsung data dan proses penyaluran bantuan sosial. (Mam)

Credits

Bagikan