HUT TNI ke 77, Kopassus Gelar Baksos di Kawasan Nara Kupu Jogja

user
Ary B Prass 17 September 2022, 20:27 WIB
untitled

Krjogja.com - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-77 yang diperingati pada 5 Oktober setiap tahunnya, Batalyon 23 Grup 2 Kopassus bersama Nara Kupu Jogja menggelar kegiatan bakti sosial dengan tema 'Kita Sehat, Indonesia Kuat' di wilayah Pakem, Sleman, DIY. 
 
Bakti sosial yang rutin digelar sebagai rangkaian peringatan HUT TNI itu antara lain berupa pembagian paket sembako kepada warga yang kurang mampu dan lansia, donor darah serta family gathering. 
 
Komandan Batalyon 23 Grup 2 Kopassus/Dhanuja Yudha, Mayor Inf. Arif Nofiyanto mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai wujud peduli kemanusiaan TNI dalam membantu PMI untuk memenuhi ketersediaan darah di wilayah Sleman.
 
"Family gathering ini diharapkan bisa menjadi upaya pembinaan kesejahteraan moril prajurit dan mempererat hubungan silahturahmi antar prajurit serta silahturahmi antara batalyon 23 dengan Nara Kupu Jogja," ujar Arif dalam sambutannya, Sabtu (17/9/2022). 
 
Sebagai informasi, target pembagian sembako adalah warga yang tinggal di sekitar kawasan Nara Kupu Jogja. Sementara itu, donor darah diikuti oleh prajurit Kopassus dan karyawan Nara Kupu Jogja serta family gathering dilaksanakan oleh prajurit Batalyon 23 Grup 2 Kopassus. 
 
General Manager Nara Kupu Jogya, Theresia Indra Cahaya mengatakan, kegiatan bersama Batalyon 23 Grup 2 Kopassus itu juga sebagai wujud kepedulian pihaknya terhadap kesehatan masyarakat sekitar. 
 
"Ini merupakan tekad kami juga dimana Nara Kupu ini bukan hanya sebatas kawasan wisata edukatif, tapi juga turut serta mewujudkan masyarakat yang sehat. Tentu kami sangat berterima kasih kepada Komandan Batalyon beserta jajaran atas kerjasama yang dibangun ini," ujar Tere, sapaan akrab Theresia Indra Cahaya. 
 
Lebih lanjut, Tere menuturkan, selain dengan Batalyon  23 Grup 2 Kopassus, kegiatan itu mendapat dukungan pihak lain mulai dari Palang Merah Indonesia (PMI) hingga Ikatan Alumni PPRA ke 49 Lemhannas (IKAL 49).
 
Harapannya, kata Tere, masyarakat di sekitar Nara Kupu Jogja tepatnya di Kecamatan Hargobinangun, Kabupaten Sleman tersebut dapat merasakan dampak manfaat yang besar dari kehadiran lokasi perkebunan organik dan penangkaran rusa serta hewan ternak lainnya itu.
 
"Kami juga menyampaikan Terima kasih banyak kepada PMI, GMT Property, Kamalaya TS'87, Sayur Kendal, MorningDew, Pecel 57, Ngombe Jamu, IKAL 49 dan yang lainnya sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik," katanya. 
 
"Kami tentu berharap masyarakat di sini dapat merasakan betul manfaat dari aktivitas Nara Kupu Jogja ini. Selain dengan donor darah ini, pastinya juga kami sangat terbuka untuk mengedukasi masyarakat dalam mengolah sampah organik menjadi berbagai kegunaan seperti kompos dan lain lain," sambungnya.
 
Untuk diketahui, Nara Kupu Jogja direncanakan akan menggelar soft opening pada tanggal 20 Oktober 2022 mendatang. Selain sebagai tempat wisata, kawasan ini juga kerap melaksanakan kegiatan seminar, workshop dan berbagai edukasi lainnya bersama komunitas dan pelajar. 
 
Tidak hanya itu, Nara Kupu Jogja sebagai kawasan penghasil sayuran organik dengan sistem urban digital farming juga berkomitmen untuk turut serta menjaga kelestarian lingkungan melalui pengolahan sampah organik yang melibatkan stakeholders dan masyarakat sekitar. (*)

Credits

Bagikan