Jangan Ragu Vaksin Booster, Nih Manfaatnya

user
Danar W 18 September 2022, 13:12 WIB
untitled

Krjogja.com - SLEMAN - Lampu hijau telah diberikan bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan jauh menggunakan Kereta Api dan Pesawat. Hal tersebut disampaikan pihak Kementerian Kesehatan dan Kementerian Perhubungan beberapa waktu lalu.

Meski demikian, masyarakat yang ingin melakukan perjalanan jauh wajib sudah menjalani vaksinasi lengkap dan booster. Masyarakat tak perlu lagi melakukan tes antigen atau PCR jika sudah menjalani vaksinasi lengkap dan booster.

Lantas, apa manfaat vaksinasi lengkap dan booster COVID-19?

Koordinator Vaksinasi Binda DIY Kabupaten Sleman, Adi Riyanto saat meninjau vaksinasi di Sleman City Hall, Minggu (18/9/2022) mengatakan vaksinasi booster terbukti mampu meningkatkan kadar antibodi pada tubuh.

"Berdasarkan informasi dari Kementerian Kesehatan, hasil dari survei pertama pada November-Desember 2021 menunjukkan 86,6 persen penduduk Indonesia sudah memiliki antibodi terhadap SARS-CoV-2. Pada tahap kedua April 2022, antibodi masyarakat meningkat menjadi 99,2 persen. Dan perlu dicatat bahwa vaksinasi booster berbeda dengan istilah vaksinasi tambahan (additional dose) yang mungkin dibutuhkan saat imunitas individu tidak terbentuk dengan cukup setelah vaksinasi primer," jelasnya.

Berikut di antaranya empat manfaat dari vaksinasi Covid-19 :

1. Merangsang Sistem Kekebalan Tubuh
Vaksin yang terdiri dari berbagai produk biologi dan bagian dari virus yang sudah dilemahkan yang disuntikkan ke dalam manusia, akan merangsang timbulnya imun atau daya tahan tubuh seseorang.

2. Mengurangi Risiko Penularan
Tubuh seseorang yang telah disuntikkan vaksin, akan merangsang antibodi untuk belajar dan mengenali virus yang telah dilemahkan tersebut. Dengan demikian, tubuh akan mengenai virus dan mengurang risiko terpapar.

3. Mengurangi Dampak Berat dari Virus
Dengan kondisi kekebalan tubuh yang telah mengenali virus, maka jika sistem imun seseorang kalah dan kemudian terpapar, maka dampak atau gejala dari virus tersebut akan mengalami pelemahan.

4. Mencapai Herd Immunity
Semakin banyak individu yang melakukan vaksin di sebuah daerah atau negara, maka Herd Immunity akan tercapai, sehingga meminimalisir risiko paparan dan mutasi dari virus Covid-19.(*)

Credits

Bagikan