Ketua BMPS DIY Minta Jangan Terus Menambah Gedung

user
Tomi Sujatmiko 18 September 2022, 15:31 WIB
untitled

Krjogja.com - BANTUL - Pelantikan Pengurua Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Kabupaten Bantul periode
2022-2027 digelar di Aula Pemda II Manding, Sabtu (17/9). Pelantikan dilakukan Ketua Umum BMPS DIY, Prof Pardimin. Hadir dalam acara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Bantul, Didik Warsito MSi.

Pengurus yang dilantik yakni, Ketua Umum BMPS, Slamet Raharjo MPd dari Yayasan Bakti Mulia Wisesa serta enam ketua. Sekretaris Umum BMPS Busrodin SE dari Yayasan Amal Syariat Islam didampingi dua sekretaris. Bendahara Umum BMPS, Dra Sri Murtinah dari Aisyiyah dengan didampingi dua bendahara. Termasuk pengurus di Bidang Kerjasama, Bidang hukum dan Bidang Pendidikan.

“Swasta terus berkiprah untuk memperjuangkan kecerdasan bagi bangsa dan negara ini sebelum kita merdeka. Misalnya Taman Siswa didirikan tahun 1922 oleh Ki Hajar Dewantara. Begitu juga Muhammadiyah (1912-red),” ujar Pardimin yang juga rektor Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) tersebut.

Oleh karena itu, bangsa ini merdeka, lembaga pendidikan swasta punya andil besar dalam mewujudkan tujuan
kemerdekaan diantaranya mencerdaskan kehidupan bangsa. “Melihat tujuan yang sangat mulia ini, kami berharap lembaga pendidikan swasta jangan sampai dianaktirikan. Berikan perhatian kepada lembaga pendidikan swasta, dan jangan terus menambah gedung atau ruang untuk rombongan belajar (rombel) bagi sekolah negeri," jelasnya.

Karena dampaknya bagi swasta bisa kekurangan murid. Sehingga pada intinya proporsional dan jangan menang-menangan
Pardimin berpesan kepada lembaga pendidikanswasta untuk memikirkan peningkatan mutu dan kualitas baik SDM ataupun lembaga pendidika ke depan. Dengan demikian akan dilirik calon siswa.

“Contoh kalau itu pendidikan setingkat SMA, adalah berapa persentase jumlah siswanya yang bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Kalau banyak, saya yakin sekolah tersebut banyak diminati. Namun jika tidak ada sama sekali, ya semakin lama muridnya akan semakin menyusut,” ujarnya. (Roy)

Credits

Bagikan