Pendidik PAUD Diharapkan Setara dengan Guru

user
Tomi Sujatmiko 18 September 2022, 17:13 WIB
untitled

Krjogja.com - PURWOREJO - Pengurus Daerah (PD) Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Purworejo berharap pendidik dan tenaga kependidikan PAUD bisa setara dengan guru. Himpaudi Purworejo turut mendorong kepada pemerintah untuk mengesahkan RUU Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) yang salah satu poinnya mengatur tentang kesetaraan itu.

Ketua PD Himpaudi Kabupaten Purworejo Siti Muflihah mengatakan, perjuangan pendidik dan tenaga kependidikan PAUD untuk setara dengan guru dilakukan secara nasional. "Kita memperjuangkan kesetaraan itu ada dalam RUU Sisdiknas yang saat ini sedang digodok pemerintah bersama DPR," ungkapnya, di sela perayaan HUT Himpaudi ke-17 di Alun-alun Purworejo, Sabtu (17/9).

Menurutnya, selama 17 tahun berdiri, pendidik dan tenaga kependidikan PAUD selalu melayani masyarakat dengan ikhlas. Mereka tetap menjalankan perannya mendidik anak usia dini meskipun belum disebut sebagai guru.
Siti juga mengajak seluruh pendidik dan tenaga kependidikan PAUD non formal untuk memantaskan diri agar layak disebut guru. "Caranya tetap tulus memberikan pengajaran yang memerdekakan, menyenangkan, dan tuntas dalam mengajar anak. Sehingga, kehadiran pendidik PAUD selalu dirindukan," tuturnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Purworejo Wasit Diono menuturkan, terdapat 1.200 pendidik dan tenaga kependidikan PAUD non formal di Kabupaten Purworejo. Mereka, katanya, terus konsisten memperjuangkan kesetaraan dengan guru. "Usulan ini sudah sampai di pemerintah pusat," ujarnya. (Jas)

Credits

Bagikan