GKR Hemas Gandeng Komika Sosialisasikan Pancasila

user
Danar W 18 September 2022, 19:35 WIB
untitled

Krjogja.com - BANTUL - Anggota MPR RI Gusti Kanjeng Ratu Hemas berkunjung ke SMA Negeri 1 Sedayu Bantul untuk kembali menyosialisasikan Pancasila, Sabtu (17/9/2022). Acara yang dimeriahkan dengan Stand Up Comedy ini berhasil menyedot perhatian ratusan siswa dan juga masyarakat.

GKR Hemas mengatakan, Pancasila adalah jati diri bangsa, yang tidak bisa dilepaskan dari kegiatan masyarakat sehari-hari. Stand up comedy, pada saat yang sama, sangat mendominasi dunia generasi muda yang membutuhkan hiburan, dan space untuk bersuara.

"Generasi muda harus terus berkreasi dan berprestasi. Tetapi tentunya tidak boleh lupa dengan semangat kebangsaan, Pancasila, dan local wisdom," kata Hemas.

Menurut Hemas, kecerdasan harus diimbangi dengan budi pekerti luhur, dan prestasi tidak berarti menenggelamkan diri dalam budaya asing. Teknologi dan kebudayaan adalah dua sisi dari sebuah koin. Keduanya sangat dibutuhkan dan tidak bisa dipisahkan. Demikian juga dengan Pancasila dan kemajuan zaman.

"Adanya gadget, game online, Drakor, hingga stand up comedy tidak harus menggusur Pancasila, karena Pancasila adalah benteng pengawal yang menjaga jiwa generasi muda Indonesia," ujarnya.

Menurut para komika dalam performing-nya, Pancasila bisa menjadi jalan keluar, terutama bila elit politik dan para pebisnis nasional juga memperhatikan masyarakat kecil.

Hemas setuju dengan ide ini, dan menganggap informasi dari komika selalu dibutuhkan karena merupakan sarana penyampaikan keresahan masyarakat. Para komika juga diharapkan untuk bisa membantu Yogya untuk mengampanyekan pembangunan bangsa, baik politik maupun ekonomi, dan juga ikut menjaga persatuan, kedamaian dan toleransi di Yogya. (Dev)

Credits

Bagikan