Pengajaran Bahasa Inggris Melalui Lagu Ternyata Lebih Mudah Dipahami Siswa

user
Danar W 19 September 2022, 06:10 WIB
untitled

Krjogja.com - BANTUL - Tim dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan program pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan pengajaran Bahasa Inggris melalui lagu, bagi guru-guru di TK ABA Pandes Bantul, 12-13 September 2022. Dengan metode ini, Bahasa Inggris yang disampaikan guru menjadi lebih mudah dipahami oleh siswa.

Tim dosen pengabdi UAD berjumlah 2 orang yakni Dr Iin Inawati MPd yang merupakan pakar EYL (English for Young Learners) yakni pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak dan Dr Djoko Sutrisno MPd yang merupakan dosen magister Pendidikan Bahasa Inggris fokus pada mengembangkan teknologi pembelajaran Bahasa Inggris.

Iin Inawati yang menjadi ketua tim pengabdi mengatakan, hari pertama pelatihan fokus pada memberikan pemahaman dan landasan dasar pentingnya penggunaan lagu pada anak-anak yang mesti dipahami oleh para guru. Selanjutnya melatih keterampilan para guru untuk mengimplementasikan penggunaan lagu dalam tahap pembelajaran.

Hari kedua, para guru berlatih mengimplementasikan lagu yang telah diajarkan yaitu lagu 'Up and Down' pada kegiatan pembelajaran. "Dikarenakan penggunaan lagu dapat diterapkan di awal, di tengah atau pun di akhir pembelajaran maka terlihat bahwa guru menerapkannya di awal pembelajaran," kata Iin kepada KRJOGJA.com, Minggu (18/9/2022).

Kepala TK ABA Pandes Fitriana SIkom SPd mengapresiasi dan berterima kasih atas kepercayaan UAD bermitra dengan TK ABA Pandes. "Kami siap berkolaborasi dan juga meng-up grade ilmu yang bisa diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Bahasa Inggris penting untuk masa sekarang, dengan diajarkan melalui lagu anak-anak akan cepat menerimanya," katanya.

Dewi, salah satu guru TK ABA Pandes sekaligus peserta pelatihan menyampaikan, pengajaran Bahasa Inggris dengan gerak lagu membuat yang sulit menjadi mudah. Anak-anak sangat antusias dan langsung mengikuti gerak juga ikut menyanyi. "Mudah mudahan dengan beberapa kali diajarkan anak-anak langsung bisa," ujarnya. (Dev)

Credits

Bagikan