Dinas Kominfo Temanggung Tegaskan Data Peawai emkab Tidak Bocor

user
Ivan Aditya 19 September 2022, 10:32 WIB
untitled

Krjogja.com - TEMANGGUNG - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Temanggung memastikan keamanan data pegawai di pemkab tersebut dan tidak bocor ke pihak lain.

Kepala Kominfo Kabupaten Temanggung Samsul Hadi mengatakan Kominfo berusaha terus meningkatkan keamanan data pegawai. Keamanan data dipandang perlu agar tidak disalahgunakan untuk berbagai keperluan yang merugikan pribadi maupun nasional.

"Keamanan data sangat penting. Ranah kami dalam pengamanan data pegawai di pemkab. Kami berusaha jangan sampai bocor," kata Samsul Hadi, Senin (19/09/2022).

Samsul Hadi mengatakan pegawai di Pemkab Temanggung ada sekitar 9.000 orang. Data itu termasuk pegawai yang perjanjian kontrak. Data tersebut tersimpan di desk badan kepegawaian, selain di masing-masing satuan kerja perangkat daerah.

Dikatakan pengamanan data di masing-masing satuan kerja menjadi tugas dari operator keamanan di satuan kerja. Sejauh ini berdasar evaluasi berlangsung baik, tetapi diakui perlu peningkatan kapasitas para pelindung data.

"Kami terus berupaya melindungi data, tetapi bagaimanapun hacker juga terus meningkatkan kualitas agar bisa membobol data. Makanya perlu peningkatan kapasitas petugas," kata dia.

Dia mengatakan untuk melindungi data pegawai ditempuh sejumlah langkah diantaranya asesmen terhadap aplikasi simpeg dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Akses terhadap aplikasi diterapkan dengan memakai IP address Temanggung dan virtual private network (VPN) serta peningkatan kapasitas SDM di bidang pengamanan TI.

Anggota DPRD Kabupaten Temanggung Riyadi Kaunaen mengatakan diperlukan perlindungan data dari otoritas terkait agar data tidak bocor dan disalahgunakan. Tidak hanya data pejabat tetapi juga data rakyat.

"Negara punya kewajiban dalam perlindungan data warganya. Maka itu petugas IT negara harus mampu melindungi segenap warganya," kata dia. (Osy)

Credits

Bagikan