Stock Darah di PMI Boyolali Masih Aman

user
Ivan Aditya 19 September 2022, 12:51 WIB
untitled

Krjogja.com - BOYOLALI – Hingga saat ini stock darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah masih tergolong aman. Hal tersebut di ungkapkan oleh Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Boyolali, Sunarno saat melakukan bhakti sosial dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 PMI area Car Free Day, Minggu (18/09/2022) kemarin.

Sunarno mengungkapkan bahwa masyarakat bisa mengakses informasi terkait stock darah PMI Boyolali melalui media sosial Instagram PMI kabupaten Boyolali. “Kalau masalah stock semua warga bisa langsung mengakses IG PMI di @pmiboyolali,” katanya kepada wartawan.

Sementara, ketersediaan stok darah di PMI Kabupaten Boyolali per tanggal 17 September 2022 ada 314 Colf yang terdiri dari darah utuh atau whole blood (WB) golongan darah A sebanyak 27 kantong, golongan darah B sebanyak 66 kantong, golongan darah O sebanyak 61 kantong dan golongan darah AB sebanyak 15 kantong.

Sedangkan untuk PRC (Packed Red Cells) atau Sel Darah Merah, PMI Kabupaten Boyolali memiliki golongan darah A sebanyak 27 kantong, golongan dqrah B sebanyak 53 kantong, golongan darah O sebanyak 50 kantong, dan golongan darah AB sebanyak 15 kantong.

Lebih lanjut Sunarno menjelaskan, pihaknya akan berfokus pada peningkatan sumber daya manusia (SDM) terhadap para relawan. “Yang jelas ke depannya semua relawan kita bekali dengan seluruh keterampilan kemampuan, sehingga nanti di dalam menghadapi bencana selalu sigap,” katanya.

Sementara, Wakil Bupati Wahyu Irawan yang juga hadir dalam acara tersebut mengemukakan, bahwa agenda hari ini merupakan agenda rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 PMI.

“Kemarin sudah dilaksanakan di alun-alun Utara yaitu upacara peringatan hari ulang tahun PMI yang ke-77 Kabupaten Boyolali dan hari ini dengan Dinas Pertanian diadakan beberapa aksi bakti sosial untuk masyarakat donor darah, cek kesehatan, pelayanan KB dan sebagainya,” katanya. (R-3)

Kredit

Bagikan