Viral Penumpang Jatuh Kejar Kereta di Stasiun Tugu, Begini Cerita Sebenarnya

user
Ivan Aditya 19 September 2022, 12:09 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Minggu (18/09/2022) beredar video di jejaring sosial media yang memperlihatkan adanya penumpang pria berlari memaksa masuk ke kereta api yang telah berjalan. Penumpang yang diketahui berada di Stasiun Tugu Yogyakarta tersebut berusaha dicegah oleh petugas keamanan stasiun dan sempat terjatuh di sela kereta dan peron.

Manajer Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Franoto Wibowo membenarkan peristiwa tersebut terjadi pada Minggu (18/9/2022) kemarin. Menurut Fran, peristiwa itu terjadi kepada penumpang KA relasi Jombang-Pasar Senen.

“Ya memang betul peristiwa terjadi pada hari Minggu (18/09/2022) kemarin di Stasiun Yogyakarta. Persitiwa terjadi kepada penumpang KA Bangunkarta relasi Jombang-Pasar Senen. Berdasarkan informasi petugas stasiun, penumpang sebelumnya sudah berada di kereta dan ketika kereta berhenti di Stasiun Yogyakarta, penumpang tersebut turun untuk membeli makanan. Pada saat kembali, kereta sudah melaju dan ditahan petugas keamanan agar tidak naik, namun penumpang tetap berusaha naik sehingga akhirnya satu kakinya terjatuh ke sela-sela antara peron dan kereta," jelas Franoto, Senin (19/09/2022).

Franoto menambahkan bahwa selanjutnya petugas stasiun membawanya ke Pos Kesehatan di Stasiun Yogyakarta untuk mendapatkan pertolongan pertama dan segera menghubungi Klinik Mediska Yogyakarta untuk penyediaan ambulance untuk membawanya ke rumah sakit Panti Rapih. Kondisi penumpang diketahui mengalami cidera pada kaki kanan dan langsung mendapat perawatan.

“Langsung dibawa ke rumah sakit menggunakan ambulance KAI. Mengalami cidera pada kaki kanan dan segera mendapat perawatan,” ungkapnya lagi.

Peristiwa penumpang turun saat kereta api singgah di stasiun menjadi perhatian bersama. Jeda pemberhentian di tiap stasiun diketahui tidak lama antara 3 hingga 5 menit saja.

"Jika penumpang ada keperluan mendesak sehingga harus turun di suatu stasiun, diharapkan agar berkoordinasi terlebih dahulu dengan petugas di kereta api. Nomor telepon petugas yang berdinas selalu ada di dinding kereta untuk memudahkan bertukar informasi. Kami tekankan lagi agar penumpang mematuhi arahan petugas di stasiun sehingga ketertiban dan keselamatan tetap terjaga,” pungkasnya. (Fxh)

Credits

Bagikan