Ekskavasi Situs Samberan, Temukan Bagian Bawah Patung

user
Tomi Sujatmiko 19 September 2022, 16:05 WIB
untitled

Krjogja.com - MAGELANG - Sebuah patung dari bahan batu ditemukan di area Situs Samberan Desa Ringinanom Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang, Senin (19/9/2022). Patung yang ditemukan merupakan hanya bagian bawah. Penemuan ini terjadi di saat area situs tersebut sedang dilakukan penggalian lanjutan dalam proses ekskavasi yang dilaksanakan Balai Konservasi Borobudur (BKB). Lokasi penemuannya di sisi barat.

Koordinator Perlindungan BKB M Taufik kepada wartawan di lokasi Situs Samberan, Senin, mengatakan patung tersebut ditemukan sekitar pukul 08.30. Saat itu beberapa orang sedang melanjutkan proses ekskavasi di Situs Samberan. Senin merupakan hari terakhir kegiatan ekskavasi di area Situs Samberan.

"Di hari terakhir ini alhamdulillah kami menemukan suatu temuan yang cukup bagus," kata Taufik. Hanya saja belum dapat diketahui secara pasti barang tersebut patung apa, karena hanya bagian perut ke bawah yang ada, sedang bagian perut ke atas tidak ada. Kaki kiri patung tersebut posisinya duduk bersila, sedang kaki kanannya posisi duduk jegang atau ditekuk ke atas hingga bagian lututnya.

"Ini merupakan temuan yang cukup spektakuler di hari terakhir ini," katanya sambil mengatakan ini merupakan hadiah dari teman-teman yang bekerja di hari terakhir proses ekskavasi.

Arca atau patung yang ditemukan tersebut keberadaannya berdiri sendiri, tidak ditempelkan. Bagian bawah arca yang ditemukan tinggi sekitar 9 Cm, panjang 16,5 Cm dan lebar 12 Cm. (Tha)

Credits

Bagikan