FE UNY- Persikindo Adakan Pelatihan Akuntansi dan Check Up Keuangan

user
Tomi Sujatmiko 19 September 2022, 19:09 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Sektor UMKM adalah bisnis yang perkembangannya cukup masif di Indonesia, bahkan di dunia. Sumbangsih UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) juga tinggi. 

Jumlah UMKM di tanah air telah mencapai 64,2 juta pada bulan Maret 2021 dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,07 % atau senilai Rp 8.573,89 triliun, sehingga tidak heran jika perlu perhatian secara khusus untuk pengembangan UMKM, agar mampu terus bertumbuh atau lazim disebut dengan “naik kelas”, dari mikro menjadi kecil, kemudian menengah, dan menjadi besar. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan pelaku usaha mikro dan kecil di negara berkembang masih relatif rendah, antara lain di Indonesia (Wijayanto et al, 2020) dan di Afrika Selatan (Fatoli, 2014; Oseifuah, 2004). Padahal literasi keuangan ini akan berpengaruh terhadap kinerja UMKM. 

Peningkatan literasi dan inklusi keuangan dapat dilakukan perencanaan dan pengelolaan keuangan yang lebih baik. Literasi keuangan juga dapat melindungi para pelaku UMKM dari penipuan dan usaha tidak sehat di pasar keuangan.

Peningkatan literasi keuangan akan memiliki peran signifikan terhadap perekonomian Indonesia mengingat UMKM memiliki kontribusi penting bagi pembangunan ekonomi nasional. 

Jika para pelaku UMKM memiliki literasi keuangan yang rendah maka keputusan keuangan bisnis yang akan diambil pun akan cenderung tidak tepat, bahkan dapat merugikan ataupun membahayakan kelangsungan bisnisnya. 

Dalam upaya peningkatan literasi keuangan UMKM tersebut, Tim Pengabdi dari dosen Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang diketuai oleh Rr. Indah Mustikawati, S.E., M.Si., Ak., CA dengan beranggotakan: (1) Indarto Waluyo, S.E., M.Si., Ak., CA, CPA, (2) Dr. Denies Priantinah, S.E., M.Si., Ak., CA, (3) Dr. Ratna Candra Sari, S.E., M.Si., Ak., CA, CFP, (4) Mimin Nur Aisyah, S.E., M.Sc., Ak. dengan melibatkan mahasiswa Asri Mardanik dan Yuliyatin Hanifah, melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) berupa pelatihan akuntansi, manajemen, dan financial check up kepada ibu-ibu anggota PERSIKINDO (Perkumpulan Srikandi Kreatif Indonesia) D.I. Yogyakarta.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan salah satu pilar dari Tri Darma Perguruan Tinggi (Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat) yang menjadi kewajiban dosen untuk dilaksanakan rutin setiap tahunnya.

Ketua DPD PERSIKINDO DIY Ir. Mursupriyani (Yani Ambar) dalam sambutannya merespon baik kegiatan PKM yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 15 September 2022, dan mengharapkan pelatihan yang diberikan oleh tim pengabdi dapat menambah wawasan dan pengetahuan sehingga peserta pelatihan sebagai pelaku UMKM dapat memperbaiki pengelolaan usahanya, khususnya pencatatan keuangan dan manajemen usaha yang tepat untuk peningkatan usaha ke depannya. 

”Semoga, dari kegiatan PKM yang diawali dengan pelatihan manajemen keuangan dan akutansi ini, akan terus berkelanjutan hingga adanya pendampingan bagi Kami pelaku UMKM agar semakin baik dan maju”, begitu harap Yani Ambar mengakhiri sambutannya. (*)

 

 

Credits

Bagikan