12 Kecamatan di Wonogiri jadi Zona Industri

user
Tomi Sujatmiko 20 September 2022, 10:21 WIB
untitled

Krjogja.com - WONOGIRI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri mempetakan ada 12 dari 25 kecamatan di kabupaten itu sebagai zona industri. Untuk mewujudkan komitmen tersebut eksekutif bersama legislatif DPRD Kabupaten Wonogiri tengah menyiapkan payung hukum regulasi dengan membahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Pembangunan Industri.

Ketua DPRD Kabupaten Wonogiri Sriyono SPd mengungkapkan hal itu kepada pers di ruang Paripurna DPRD Wonogiri, Senin (19/9) siang. Didampingi unsur pimpinan dewan (Pimwan) lainnya dan sejumlah ketua komisi Ketua DPRD Wonogiri berharap dengan adanya 12 kecamatan sebagai zona industri maka akan banyak pihak ketiga atau investor swasta untuk menanamkan modal mereka di bidang industri Kabupaten Wonogiri.


Ketua Komisi I DPRD Bambang Sadriyanto yang hadir di tempat yang sama menambahkan, pembuatan Raperda itu mengacu aturan dari pemerintah pusat. Di mana, pemerintah pusat mewajibkan adanya Rencana Detail Tata Ruang Kecamatan (RDTRK). "Pembuatan Raperda RDTRK itu wajib karena untuk menangkap tata ruang di masing-masing kecamatan," imbuh dia.

Bambang mencontohkan, di wilayah Kecamatan Selogiri ada sekitar 80 hektare lahan yang bisa untuk zona industri. Adapun di Kecamatan Wonogiri juga ada ratusan hektare lahan yang dapat dimasukkan dalam zona industri. "Dan kecamatan-kecamatan lain juga ada," kata Ketua Komisi l DPRD Wonogiri.

Hal itu dilakukan untuk mempersiapkan diri secara regulasi apabila sewaktu-waktu ada pengusaha yang ingin berinvestasi di Wonogiri. "Kalau ada pengusaha masuk sini (Wonogiri) kita belum punya zona industri kan repot. Ini memang tuntutan, maka kami siapkan zona-zona industri dari tingkat kabupaten maupun kecamatan," tandasnya. (Dsh)

Kredit

Bagikan