Eyang Bagus Waluyo Mahasiswa Tertua Unwidha

user
Tomi Sujatmiko 20 September 2022, 08:40 WIB
untitled

Krjogja.com - KLATEN - Pasca pandemi terjadi peningkatan signifikan jumlah mahasiswa baru (Maba) di Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten. Mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 kali ini mencapai sekitar 900 orang dan berasal dari berbagai pelosok tanah air. Satu rekor unik di Unwidha tahun ini, yakni memiliki mahasiswa baru tertua dengan usia 85 tahun.

Hal itu terungkap dalam kuliah perdana mahasiswa baru Unwidha tahun akademik 2022/2023,dengan tema membangun generasi yang inovatif dan berkarakter di era society 5.0, Senin (19/9/2022). Maba tertua tersebut adalah Eyang Bagus Waluyo, warga Desa Gedaren, Kecamatan Jatinom, Klaten. Mengambil program S1 Bahasa dan Sastra Daerah. Sebenarnya Eyang Waluyo adalah lulusan S1 Arkeologi dan Kepurbakalaan Universitas Gadjah Mada, pernah menjadi PNS dan pensiun tahun 2003 silam.

Eyang Waluyo mengakatan ilmu itu tanpa batas, dan ia masih merasa kurang ilmu dalam hal Bahasa Jawa. “Mengingat yang terjadi di masyarakat dan di instansi, tentang Bahasa Jawanya “jeblok”. Tempat-tempat wisata, nulis Suroloyo, salah itu, harusnya Suralaya. Pendowo harusnya tulisanya Pendawa. Nah itu yang wajib memperbaiki siapa? Untuk bisa memperbaiki itu saya harus punya ilmunya, maka kuliah lagi,” kata Eyang Bagus Waluya.

Bukan hanya semangat belajar yang patut dicontoh, namun juga dalam menghadapi kendala untuk mencapai kampus. Kendati usianya sudah uzur, ia masih mandiri, datang ke kampus dengan naik ojek online.

Rektor Unwidha Prof. Dr. Triyono M.Pd dan Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Purwo Haryono M.Hum mengemukakan, jumlah Maba Unwidha saat ini mengalami peningkatan signifikan. Dalam kuliah perdana, mereka diberikan bekal untuk menjadi mahasiswa yang visioner menghadapi kompetisi ketat di era Indonesia emas mendatang.

Unwidha membangun generasi yang inovatif dan berkarakter, di era society 5.0, dengan berupaya mewujudkan SDM yang memiliki ketrampilan komunikasi lisan dan tulisan, mampu berkolaborasi, berinovasi atau kreatifitas dan ketrampilan lainya. Dengan demikian, lulusan Unwidha diharapkan mampu berkompetisi dan menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman. (Sit)

Credits

Bagikan