FKY di Kulonprogo, Seniman Mural 'Corat-coret' Bak Truk

user
Tomi Sujatmiko 20 September 2022, 11:22 WIB
untitled

Krjogja.com - KULONPROGO - Ribuan warga menyaksikan gelaran Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) di Kabupaten Kulonprogo. Terutama pada hari terakhir, selain masyarakat umum nampak ratusan pelajar menonton berbagai penampilan kesenian yang digelar di auditorium dan live mural truk yang dilakukan para perupa Kulonprogo di halaman parkir Taman Budaya Kulonprogo (TBK), Kalurahan/ Kapanewon Pengasih, Senin (19/9).

"Ya ribuan warga masyarakat menyaksikan penampilan kontingen dari empat kabupaten/ kota, termasuk malam penutupan kami berharap jumlahnya jauh lebih banyak dari hari-hari sebelumnya," kata Kepala Kundha Kabudayan (Dinas Kebudayaan) Kulonprogo, Dra Niken Probo Laras.

Diungkapkan, salah satu kegiatan unik yang digelar di hari terakhir FKY di Kulonprogo, mural truk yang akan dijadikan latar pertunjukan seni pada rangkaian acara penutupan. "Truknya dilukis oleh perupa masing-masing kabupaten/ kota dan kebetulan dari Kulonprogo ada pak Teguh Paino dan kawan-kawan," jelas Niken.

Lima truk yang sudah berlukis mural dihadirkan jadi latar set para seniman pertunjukan yang tampil. "Alhamdulillah, setelah pandemi dua tahun FKY tertutup dan hanya live streaming, sekarang bisa menghibur masyarakat dan bisa hadir langsung menyaksikan FKY," ujarnya.

Perupa asal Kulonprogo, Teguh Paino menyampaikan terima kasih kepada Kundha Kabudayan setmpat yang memberi kesempatan para perupa Kulonprogo sehingga mereka memiliki ruang mengekspresikan ide mereka, salah satunya mural pada truk.

Bersama sejumlah seniman mural, Teguh Paino 'mencoret-coretkan' kanvasnya di truk 'perwakilan' Kulonprogo dengan mural gambaran keseimbangan alam. Di bak truk nampak tergambar gunung merapi dan Dewi Sri yang dilambangkan sebagai dewi kemakmuran dan kesuburan. (Rul)

Credits

Bagikan