Disiapkan Rp35 Miliar, Pemerintah Bangun Terminal Tipe A Purworejo

user
Tomi Sujatmiko 20 September 2022, 13:24 WIB
untitled

Krjogja.com - PURWOREJO -Pemerintah pusat membangun Terminal Tipe A Purworejo di Kelurahan Kledungkradenan Kecamatan Banyuurip. Pemerintah mengalokasikan dana APBN senilai Rp 35 miliar untuk membangun infrastruktur yang nantinya akan dikelola pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI itu.

Bupati Purworejo Agus Bastian mengatakan, keberadaan Terminal Tipe A Purworejo itu akan memberi manfaat yang besar untuk masyarakat. "Tidak hanya dirasakan masyarakat Purworejo saja, tapi juga masyarakat luas, para pengguna angkutan umum jalur darat," ungkapnya di sela peletakan batu pertama pembangunan terminal, Senin (19/9).

Menurutnya, Purworejo terletak di kawasan strategis pembangunan wilayah selatan Jawa Tengah. Purworejo juga berbatas langsung dengan Provinsi DIY. Dilihat dari dinamika pembangunan, katanya, pemerintah membangun Bandara Internasional Yogyakarta di Temon Kulonprogo, KSPN Borobudur, dan Bendungan Bener. "Purworejo diapit tiga mega proyek itu, maka diyakini mobilitas akan semakin tinggi sehingga diperlukan sarana dan prasarana pendukung yang memadai, termasuk di bidang angkutan darat," tegasnya.

Anggota Komisi V DPR RI Ir Sudjadi menambahkan, pembangunan terminal direncanakan akan selesai tahun 2024. Namun, Sudjadi berharap pemerintah mempercepat pembangunan hingga terminal itu selesai tahun 2023. "Agar manfaat ekonominya bisa segera dirasakan dan masyarakat semakin sejahtera," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah X Provinsi Jateng dan DIY Eko Agus Susanto mengemukakan, terminal tipe A akan melayani kendaraan penumpang umum untuk Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), angkutan kota, dan angkutan perdesaan. Terminal dibangun di atas lahan seluas 11.890 meter persegi. (Jas)

Credits

Bagikan