BPS Temanggung Terjunkan 1372 Petugas Registrasi Sosial Ekonomi

user
Tomi Sujatmiko 20 September 2022, 14:10 WIB
untitled

Krjogja.com - TEMANGGUNG - Badan Pusat Statistik Kabupaten Temanggung mengerahkan 1.372 petugas untuk pelaksanaan pendataan awal registrasi sosial ekonomi (regsosek).

Kepala BPS Kabupaten Temanggung Haryono mengatakan kebutuhan petugas tersebut antara lain untuk koordinator seluruh petugas sebanyak 39 orang, pemeriksa lapangan ( PML) sebanyak 272 orang, pencatat lapangan (PPL) sebanyak 1.061 orang sehingga keseluruhan 1.372 orang

Dia mengatakan regsosek adalah sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa/kelurahan.

"Regsosek sebagai integrasi program dan menuju satu data Indonesia," kata Haryono pada rapat koordinasi pendataan awal Regsosek bertema 'Mencatat untuk membangun negeri satu data program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat'

Dia mengatakan pelaksanaan pendataan awal regsosek untuk pengumpulan data 15 Oktober sampai dengan 14 November 2022 sedang pengolahan data pada 2023. Cara pengumpulan data secara door to door menggunakan paper and pencil interview dan dilengkapi dengan geotag dan foto. Informasi yang dikumpulkan yakni kependudukan dan ketenagakerjaan, kondisi perumahan, kesehatan dan disabilitas, perlindungan sosial, pendidikan dan pemberdayaan ekonomi.

Bupati Temanggung Al Khadziq mengatakan kemiskinan ekstrim disebabkan oleh masalah multy-dimensi. Penanganan masalah kemiskinan ekstrim membutuhkan upaya kerja sam multy-dimensi, lintas pemerintahan dan melibatkan aktor non-pemerintah.m"Ada dua instrumen utama kebijakan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim adalah konvergensi dan perbaikan akurasi pensasaran program," kata dia. (Osy)

Credits

Bagikan