Bupati Magelang: Kades Harus Responsif Terhadap Keluhan Warga

user
Ary B Prass 20 September 2022, 19:57 WIB
untitled

Krjogja.com - Seorang kepala desa memiliki tugas yang besar dan tidak ringan. Bukan hanya terfokus pada program pembangunan yang dijalankan, tetapi seorang kepala desa harus mampu membawa masyarakatnya ke arah yang lebih maju dan lebih sejahtera.

Demikian antara lain dikemukakan Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP saat melantik dan mengambil sumpah Kepala Desa Pengganti Antar Waktu Desa Tanggulrejo Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang Muhtadin di rumah dinas Bupati Magelang, Selasa (20/9/2022).

Juga dikatakan Bupati Magelang bahwa seorang Kepala Desa harus mampu memegang teguh amanah dan senantiasa berkomitmen untuk mempercepat terwujudnya visi Pemerintah Kabupaten Magelang yang "Sedaya" Amanah (Sejahtera, Berdaya Saing dan Amanah).


Kepada Kepala Desa Tanggulrejo Tempuran Magelang yang baru dilantik, Bupati Magelang juga  berpesan, diantaranya mendukung upaya pemerintah daerah dalam mengendalikan laju inflasi, mendorong penggunaan anggaran belanja pada APBDes semaksimal mungkin menggunakan produk lokal.

sebagaimana Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi dalam rangka menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Pemerintah Kabupaten Magelang juga telah berkomitmen untuk melaksanakan Instruksi Presiden tersebut dengan dibentuknya Tim Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) melalui  Keputusan Bupati Magelang Nomor 180.182/69/KEP/01.06/2022 perihal Tim Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri Kabupaten Magelang pada tanggal 18 Maret 2022 yang lalu.

Disampaikan juga oleh Bupati Magelang, bahwa masih punya pekerjaan rumah, yakni mensejahterakan masyarakat Kabupaten Magelang. Untuk itu meminta kepada kepala desa yang baru dilantik untuk melakukan pengabdian terbaik guna mensejahterakan warga masyarakatnya. "Bekerjalah dengan sebaik mungkin, jujur dan amanah," katanya.

Kades yang baru dilantik juga diminta untuk memperkuat kemitraan dengan Badan Permusyawaratan Desa, untuk kemajuan dan pembangunan desa serta lebih berdayakan PKK Desa, agar para perempuan di desa dapat mengambil peran lebih banyak dalam setiap kebijakan Pemerintah Desa.

Kepala desa yang baru dilantik diminta untuk menjadi pemimpin desa yang inovatif, yang akan membawa perubahan desa menjadi lebih baik selama diberi amanah sebagai kepala desa.

Juga disampaikan Bupati Magelang, bahwa di era keterbukaan informasi saat ini, kepala desa tidak boleh anti terhadap kritikan, keluhan atau saran masukan dari warga mengenai penyelenggaraan pemerintahan desa.

"Saudara harus responsif terhadap tuntutan dan kebutuhan warga desa saudara. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi kepada Camat, apabila terdapat permasalahan di desa, ataupun hal-hal lain yang memerlukan petunjuk lebih lanjut," tegas Bupati Magelang. (Tha)

 
 

Credits

Bagikan