Beberapa Bulan Buka Warung, Suparmi Langsung Miliki NIB

user
Ivan Aditya 20 September 2022, 19:25 WIB
untitled

Krjogja.com - SLEMAN - Suparmi, perempuan asal Banguntapan Kabupaten Bantul hadir mengikuti pelatihan UMKM yang digelar Anggota DPR RI Subardi bersama Kementerian Koperasi dan UKM. Suparmi baru beberapa bulan membuka usaha warung kelontong di depan rumahnya. Ia tergerak mengikuti pelatihan ini untuk mengembangkan usahanya.

"Saya ingin belajar marketing agar paham cara penjualan. Tadi diajarkan bagaiamana dagangan kita menarik pembeli, mulai dari kemasan, tata letak dagangan dan pelayanan kepada pembeli,” kata Suparmi usai mengikuti pelatihan di kawasan Seturan, Sleman, Senin (19/09/2022).

Pelatihan bertema ‘Pemasyarakatan Pendampingan Usaha Bagi Wirausaha" diikuti oleh 60 kelompok UMKM dari Kabupaten Bantul. Seluruh peserta merupakan pelaku UMKM pemula yang belum memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB). Selain itu, peserta juga dibekali dengan manajemen wisausaha, mencakup marketing hingga akses permodalan usaha.

Bagi Suparmi, pelatihan ini sangat bermanfaat karena usahanya kini telah memiliki izin. Ia bersyukur karena setelah punya izin usaha, akses untuk mendapat pinjaman modal usaha akan lebih gampang dan cepat. Harapannya, ia dapat membuka usaha sendiri dengan produk makanan.

“Alhamdulillah dibantu ngurus izin usaha. Pulang ke rumah saya punya nomor izin usaha. Pinginnya setelah dapat izin, saya bisa menambah modal mau buka usaha makanan,” kata Suparmi.

Sementara bagi Subardi, pelatihan ini mejadi agenda rutin yang ia gelar setiap bulannya. Ribuan pelaku usaha telah mengikuti pelatihan ini sejak awal periode menjabat sebagai legislator dari Dapil DIY tahun 2019. Ia menjaring aspirasi dari kelompok usaha kecil, selanjutnya didata agar mengikuti pelatihan. Melalui pelatihan ini pula, ada interaksi antara pelaku usaha kecil dengan pelaku usaha besar, sehingga terjalin koneksi bisnis antar pelaku usaha.

"Saya melihat banyak pelaku usaha kecil yang perlu pendampingan, agar sedikiti demi sedikit mampu naik kelas. Harapan saya ada getok tular, ada koneksi antar pelaku usaha agar berkembang,” kata Ketua DPW NasDem DIY itu.

Sementara Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, dan Perindustrian Kabupaten Bantul, Agus Sulistiyana mengatakan, pihaknya mendukung langkah yang dilakukan Subardi dalam mendampingi dan mengembangkan UMKM. Upaya ini akan membantu pemerintah mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

"Langkah seperti ini akan membantu Pemerintah Kabupaten Bantul mewujudkan masyarakat yang harmoni, sejahtera, dan berkeadilan. Sejahtera dan berkeadilan itu bisa terjadi kalau UMKMnya naik kelas," kata Agus Sulistiyana. (*)

Credits

Bagikan