Dua Dosen ISI Yogya Membina Kesenian Jathilan

user
Tomi Sujatmiko 21 September 2022, 14:26 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Dua orang dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, masing-masing Dr Eli Irawati SSn MA dan Ni Kadek Rai Dewi Astini SSn MSn membina seni jathilan Kuda Prawira Kalurahan Patalan Kapanewon Jetis Kabupaten Bantul. Pembinaan tersebut merupakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Kemendikbudristek Dikti tahun 2022.

Menurut Ni Kadek Rai, dirinya dari jurusan Tari dan Eli Irawati dari jurusan Etnomusikologi memenangkan Hibah Kategori Kompetitif Nasional/Desentralisasi Program PKM Kemendikbudristek Dikti tahun 2022. Keduanya berkolaborasi membina Grup Jathilan Kuda Prawira. Program yang difasilitasi oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Dirjen Dikti Jakarta ini, menurut Ni Kadek Rai bertujuan agar Jathilan Kuda Prawira bisa lebih mengembangkan kreativitasnya.

"Grup jathilan ini belum memiliki peralatan musik yang memadai, garapan musik belum terkomposisi dengan baik, demikian pula koreografi juga belum terpola dengan baik," jelas Ni Kadek Rai. Lewat progam PKM tersebut diharapkan Kuda Prawira mendapat sarana dan prasarana pendukung pementasan.

Adapun Eli Irawati menambahkan Grup Jathilan Kuda Prawira beranggotakan sekumpulan pemuda dengan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda. Perlu pendekatan dan strategi agar apa yang menjadi tujuan pembinaan dapat berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan. (War)

Credits

Bagikan