Malas Booster? Belum Tahu Manfaatnya sih..

user
Danar W 21 September 2022, 13:00 WIB
untitled

Krjogja.com - SLEMAN - Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) DIY, saat ini terus bergerak melakukan vaksinasi booster berkelanjutan. Hadirnya vaksin booster adalah upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19. Sebelum dilaksanakan vaksin booster, Indonesia sudah melaksanakan vaksin primer, yakni dosis pertama dan kedua.

"Agar tidak terjadi kekeliruan, maka sudah seharusnya masyarakat mengetahui apa itu sebenarnya vaksin booster. Vaksin booster adalah cara untuk mengembalikan proteksi dan imunitas klinis, yang mana diketahui menurun berdasarkan hasil sero survei di populasi. masyarakat perlu tahu juga bahwa istilah additional dose atau vaksinasi tambahan berbeda dengan vaksinasi booster. Dimana mungkin diperlukan ketika imunitas atau daya tahan tubuh seseorang tidak terbentuk dengan baik sesudah vaksinasi primer dilakukan. Biasanya hal ini bisa terjadi kepada mereka yang menderita gangguan kekebalan atau imun tubuh," ujar Surya, Anggota Vaksinasi Binda DIY Posda Sleman, disela vaksinasi booster di Sleman City Hall, Rabu (21/9/2022).

Surya juga mengungkapkan bahwa selain manfaat vaksin booster secara kesehatan, vaksin booster juga bisa menjadi modal dalam penguatan pemulihan ekonomi di Indonesia. Namun, jika dilihat dari sisi kesehatan, maka ada 3 manfaat penting vaksin booster adalah sebagai berikut:

-Vaksin booster adalah sebuah bentuk usaha pembiasaan masyarakat untuk hidup dalam masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Hal ini dilakukan guna kesehatan dalam jangka panjang.

-Guna terpenuhinya hak setiap warga Indonesia dalam mengakses vaksin untuk perlindungan komunitas dan tentu saja diri sendiri.

-Terjadinya kecondongan jumlah antibodi yang menurun, dimulai dari enam bulan sesudah vaksinasi, khususnya ketika varian baru virus Corona muncul, termasuk varian Omicron dan lainnya.

"Selain dari sisi kesehatan, dilakukannya program vaksin booster adalah juga untuk memperbaiki ekonomi. Vaksin booster dapat menekan kasus baru, dengan mencegah munculnya gelombang baru. Oleh karena itu, kegiatan atau aktivitas masyarakat bisa semakin luwes. Karena masyarakat bisa kembali berkarya dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka," terang Surya.

Namun, meskipun begitu masyarakat tetap harus menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Melihat manfaat vaksin booster adalah sangat penting, baik untuk diri sendiri ataupun masyarakat sekitar, maka sudah sebaiknya vaksinasi booster dilakukan.(*)

Credits

Bagikan