Hidden Gem, Jogja Punya Studio Alam di Kota, Bisa Foto Ratusan Konsep dalam 1 Tempat

user
Ary B Prass 21 September 2022, 15:27 WIB
untitled

Krjogja.com - Bentang alam wilayah DIY memang sangat luar biasa untuk diabadikan dalam frame foto. Tak jarang calon pasangan pengantin memilih Yogyakarta sebagai tempat melakukan foto pre wedding yang ternyata menjadi segmentasi wisata tersendiri. 
 
Wisata pre wedding di Yogyakarta memang menjadi daya tarik tersendiri, terlebih dengan banyaknya orang yang tertarik berkunjung ke kota pariwisata ini. Banyak yang sengaja datang untuk mengabadikan momen sekali seumur hidup, dengan fotografer berpengalaman yang juga ada di Yogyakarta. 
 
Namun, siapa sangka ternyata ada wisata pre wedding dengan konsep alam di tengah Kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan Pakuningratan, tak jauh dari Tugu Pal Putih. Di lokasi milik Kencana Photo ini, terdapat lahan seluas 3000 meter persegi dengan latar beragam mulai air terjun, taman bunga, danau, rumah Jepang, kastil megah hingga padang ilalang. 
 
Kirana Yulianto, Founder Kencana Photo menceritakan, studio outdoor di tengah Kota Yogyakarta ini dibangun sejak tahun 2005 silam dan terus bergerak dinamis sampai saat ini. Selama ini menurut dia, banyak pasangan calon pengantin yang tidak punya banyak waktu untuk melakukan pre wedding namun ingin menggunakan beragam konsep outdoor. 
 
“Inilah alasan kami membangun studio outdoor yang sangat lengkap ini. Punya konsep latarbelakang beragam, bahkan sampai ratusan konsep foto bisa dilakukan di sini. Jadi, bisa foto di satu lokasi saja sampai selesai konsepnya. Sisanya tinggal jalan-jalan menikmati Jogja,” ungkapnya ketika berbincang di studionya, Rabu (21/9/2022). 
 
Kirana mengungkap, pada 2009 silam, studionya mendapat rekor MURI karena menjadi studio alam di tengah kota yang bisa digunakan untuk foto hingga ratusan konsep. Tak heran memang karena melihat padatnya lahan di tengah Kota Yogyakarta akan takjub masih ada studio alam dengan luas yang cukup besar. 
 
Letak studio yang dekat dengan pusat kota menjadi keuntungan tersendiri. Apalagi, karakter masyarakat saat ini memiliki kesibukan sangat luar biasa, yang tentu saja akan menjadi kesulitan untuk menjangkau berbagai spot menarik di wilayah DIY. 
 
“Sebenarnya bukan hanya untuk foto prewddding, tapi sering juga dipakai foto keluarga bahkan wisuda. Kalau selama ini, orang biasanya nikahnya di luar Jogja tapi fotonya di sini. Sekali jadi begitu di satu tempat dengan konsep beragam, sisa waktu untuk mempersiapkan hal lain,” sambungnya. 
 
Di studio ini, Kencana mempersiapkan berbagai paket dengan harga terjangkau untuk konsumen, menyesuaikan karakter masyarakat saat ini yang bergerak dinamis karena situasi. Kirana mencatat selama ini konsumen dari seluruh Indonesia sudah menjajal studio alam miliknya untuk berfoto 
 
“Sesuai ide awal untuk memudahkan konsumen yang ingin foto dengan konsep alam dengan waktu yang terbatas. Pandemi kemarin memang stop lebih dari satu tahun, tapi ini mulai perlahan bangkit. Sudah ada yang foto dari Yogya, Jawa Tengah. Kalau sebelum pandemi, dari Sabang sampai Merauke sudah semua,” lanjutnya tersenyum. 
 
Di sisi lain, selain mengenalkan studio alam, Kirana juga tengah menggagas ekosistem wisata wedding di Yogyakarta. Ia ingin melibatkan banyak sektor untuk bangkit bersama seusai diterpa pandemi Covid-19. 
 
Selain fotografi, videografi, vendor event organizer, cake dan make up, ia juga melibatkan UMKM pegiat souvenir pernikahan dan undangan. “Harapannya, ekosistem wisata wedding di Yogyakarta ini bisa bangkit lagi bersama. Semoga kami bisa membantu pemerintah untuk mengajak lebih banyak wisatawan datang ke Yogyakarta,” pungkasnya. (Fxh)

Credits

Bagikan