Embung BPTU HPT Baturraden Meluap Akibat Hujan Lebat

user
Agusigit 22 September 2022, 14:15 WIB
untitled

BANYUMAS- Meluapnya air  di embung milik Balai Besar Ternak Unggul dan Hijauan Makanan Ternak  (BPTU HPT) Baturraden di  Unit Manggala di Desa Karangtengah Kecamatan Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah yang menyebabkan banjir  dikarenakan hujan deras,  dan adanya pengerukan dan perawatan embung.
 
Sub Kordinator Prasana Teknik  BBPTU HPT Baturraden, Supandi Kamis (22/9/2022) menjelaskan dua embung yang meluap ini merupakan embung penampungan air limbah dan air hujan.
 
"Saat kejadian luapan air embung  sedang ada pekerjaan perawatan dan pengerukan dua embung tersebut," kata Supandi.
 
Namun karena curah hujan tinggi  dua embung penampungan air limbah dan air hujan tidak mampu menampung kapasitas air.
 
 
Sementara embung kedua masih dalam keadaan renovasi digali ulang untuk membuang endapannya agar lebih dalam lagi. 
 
Selanjutnya air yang dari embung satu  dan dua sengaja dibuang dialirkan ke embung ketiga yang  merupakan penampungan terakhir  dan  ke lahan HPT untuk sementara.
 
Namun karena curah hujan tinggi sehingga ketiga embung tidak mampu menampung air hujan dan menyebabkan banjir masuk kampung.
 
Kejadian banjir ini juga
bukan dampak pengerjaan, tapi akibat hujan lebat dan lahan terbuka tidak ada tanaman keras, karena lokasi digunakan untuk pengembangan sapi.
 
 
Untuk kerusakan infrastruktur jalan aspal akibat banjir BBPTU HPT Baturraden sedang melakukan kordinasi dinas terkait untuk perbaikan.
 
BBPTU HPT Baturraden juga sedang berupaya membuat penyerapan sehingga jika curah hujan tinggi air yang meluap bisa terserap.(Dri)
 

Credits

Bagikan