Dishub Sukoharjo Temukan Angkudes Naikan Tarif

user
Tomi Sujatmiko 22 September 2022, 18:40 WIB
untitled

Krjogja.com - SUKOHARJO - Tarif angkutan pedesaan (angkudes) rute di wilayah timur Kabupaten Sukoharjo naik Rp 1.000 per penumpang. Sedangkan rute lainnya masih memberlakukan tarif lama. Kenaikan tersebut dilakukan secara sepihak dan menjadi temuan pemantauan petugas.

Kepala Dishub Sukoharjo Toni Sribuntoro, Kamis (22/9) mengatakan pihaknya sampai sekarang belum menerima aturan penyesuaian tarif angkutan umum dari Provinsi Jawa Tengah. Namun, pasca penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) oleh pemerintah pusat beberapa waktu lalu langsung ditindaklanjuti Dishub Sukoharjo dengan pemantauan transportasi umum. Sasarannya seperti bus, angkutan umum, taksi dan lainnya. Petugas memantau langsung untuk melihat penerapan tarif setelah ada kenaikan harga BBM.

"Dalam pemantauan petugas menemukan ada sebagian angkudes menaikan tarif secara sepihak. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penyesuaian terhadap kenaikan harga BBM. Kenaikan tarif yang diberlakukan sebesar Rp 1.000 per penumpang.
Angkudes yang menaikan tarif secara sepihak beroperasi di wilayah timur Kabupaten Sukoharjo dengan tujuan Bekonang, Mojolaban dan sekitarnya. Kenaikan tarif sudah diberlakukan sejak sepekan lalu," ungkapnya.

Dia menjelskan kenaikan tarif angkudes di wilayah timur Kabupaten Sukoharjo berlaku untuk penumpang umum dan pelajar. Tarif sebelumnya Rp 4.000 per penumpang menjadi Rp 5.000 per penumpang. Sedangkan pelajar tarif sebelumnya Rp 2.000 per penumpang menjadi Rp 3.000 per penumpang.

"Aturan dari provinsi tersebut menjadi acuan penting bagi daerah terkait pelaksanaan tarif angkutan umum pasca penyesuaian harga BBM oleh pemerintah pusat. Surat tersebut apabila sudah ada maka juga akan disosialisasikan kepada pengelola angkutan umum.”

Dishub Sukoharjo sampai sekarang belum menerima keluhan dari masyarakat atau penumpang terkait tarif yang diberlakukan angkutan umum. Selain itu juga belum ditemukan gejolak. Dishub Sukoharjo juga belum memberikan sanksi kepada angkudes yang menaikan tarif secara sepihak. (Mam)

Credits

Bagikan