Tampilkan 'Wahyu Kamulyan', Cara Ki Utoro Membalas Budi

user
Agusigit 22 September 2022, 16:44 WIB
untitled

BANTUL - Dalang wayang kulit Ki Utoro Wijayanto membalas budi masyarakat dengan menggelar lakon 'Wahyu Kamulyan' di Dusun Kalidadap, Selopamioro, Imogiri, Bantul, Sabtu (24/9/2022) mendatang. Penampilan dalang dari Berbah, Sleman, usia 41 tahun tersebut sebagai bagian dari program Bangkit Berkarya Lagi!!!  yang didukung Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni Perusahaan Listrik Negara (PLN) serta Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan dilaksanakan Rosan Production pimpinan Butet Kartaredjasa.
 
"Sebelum Pandemi, warga  sering nanggap

. Sekarang saya kira ekonomi belum pulih sehingga belum bisa

nanggap

lagi, maka saya balas dengan memberikan hiburan," kata Ki Utoro, Rabu (21/9/2022).

 
Ki Utoro senang dan bangga terpilih sebagai bagian dari program Bangkit Berkarya Lagi!!! Maka dirinya berusaha tampil lebih maksimal. Diharapkan program ini bisa memancing masyarakat, pedesaan khususnya, yang jarang ada pentas kesenian seperti wayang.
 
"Misalnya tahun ini diberikan hiburan, tahun depannya bisa nanggap

wayang sendiri," tutur Ki Utoro yang lebih banyak melakukan terobosan dengan tampil di pedesaan.

 
Kali ini sekitar kesepuluh kalinya Ki Utoro tampil setelah Pandemi Covid-19. Sebelumnya, antara lain pentas di Kulonprogo dan Magelang. 
 
Tentu ini mengobati kerinduan Ki Utoro setelah selama Pandemi Covid-19 hanya tampil streaming di YouTube. Padahal pada kondisi normal, bisa pentas lima kali sebulan, untuk acara hajatan, merti desa, dan sejumlah kesempatan lain. Selain di DIY, Ki Utoro juga sering pentas di daerah lain.
 
Lakon 'Wahyu Kamulyan' yang oleh Ki Utoro ditampilkan lewat garap klasik, menceritakan tentang Semar yang meminta Wahyu kepada Dewa untuk dipersembahkan kepada majikannya, yakni para Pandawa. (Ewp)

Credits

Bagikan