Guru SD Karimunjawa Siap Implementasikan Kurikulum Merdeka

user
Agusigit 22 September 2022, 07:46 WIB
untitled

 
JEPARA - Tim pengabdian masyarakat Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang diketuai Prof Dr Zaenuri MSi Akt dan Subhan SPd MPd MKom melakukan pengabdian bagi guru guru Sekolah Dasar (SD) di Karimunjawa Kabupaten Jepara.
 
Pengabdian terkait implementasi Kurikulum Merdeka di SD SD di Karimunjawa. Kegiatan ini dibuka oleh pengawas SD dari Satuan Koordinasi Pendidikan Kecamatan Karimunjawa, Priyogo SPd. Menurutnya guru-guru SD Karimunjawa siap mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.
 
" Kurikulum Merdeka merupakan kebijakan Mendikbudristek berkaitan merdeka belajar pada episode kelima belas. Implementasi Kurikulum Merdeka yang mulai diterapkan untuk semua satuan pendidikan di Indonesia diharapkan mampu menghasilkan SDM yang unggul dalam berbagai bidang di masa depan. Sebelum Kurikulum merdeka ini, berlaku juga kurikulum 2013, Kurikulum darurat, dan Kurikulum Prototipe" ujar Prof Zaenuri di hadapan para guru SD Karimunjawa, Sabtu (17/9/2022).
 
Menurut Prof Zaenuri, pada pengembangan Kurikulum Merdeka ini ditambahkan Profil Pelajar Pancasila. Profil pelajar Pancasila adalah profil lulusan yang bertujuan menunjukkan karakter dan kompetensi yang diharapkan diraih dan menguatkan  nilai-nilai luhur Pancasila peserta didik dan para pemangku kepentingan.
 
"Profil Pelajar  Pancasila terdiri dari 6 elemen yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia. Kemudian  berkebinekaan global, bergotong royong,  kreatif, bernalar kritis dan  mandiri. Untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, Satuan Pendidikan dapat memilih tema dari tujuh tema yang disediakan" tambah Prof Zaenuri.
 
Ketujuh tema, ujar Prof Zaenuri, menyangkut perubahan iklim global, kearifan lokal, Bhinneka Tunggal Ika, Bangunlah Jiwa dan Raganya, Suara Demokrasi, Berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI, dan Kewirausahaan. Untuk tingkat SD harus memilih minimal 2 tema per tahun. (Sgi)

Kredit

Bagikan