Revitalisasi Cagar Budaya Peninggalan Mangkunegara, Sasar Eks Rumdin PG Colomadu

user
Ary B Prass 23 September 2022, 14:37 WIB
untitled

Peninggalan Mangkunegara IV di kompleks eks Pabrik Gula Colomadu kembali direncanakan untuk direvitalisasi. Kali ini, puluhan rumah dinas pegawai pabrik gula yang sudah terbengkalai akan dibenahi. 
Guna merealisasikannya, PUD Aneka Usaha Kabupaten Karanganyar menjajaki kerjasama sewa lahan eks rumah dinas tersebut ke BUMN. 
 
Dirut PUD Aneka Usaha, Samidi mengatakan lahan rumah dinas di sepanjang Jl Sumur Bor Colomadu dianggap potensial dijadikan lahan bisnis baru sumber pendapatan perusahaannya. Lahan itu masih satu kompleks dengan PG Colomadu yang sekarang disulap menjadi De Tjolomadoe Convention Hall berskala internasional. Kondisi sekarang, lahan tersebut berdiri rumah dinas yang terbengkalai. Beberapa unit memang masih difungsikan seperti untuk taman kanak-kanak. 
 
Samidi mengatakan masih menjajaki kerjasama dengan PT Sinergi Colomadu. Perusahaan ini merupakan pengelola De Tjolomadoe yang lahir dari kerjasama antara PT PP Tbk dengan PTPN IX. "Kalau misalnya penjajakannya berhasil dan disetujui pola kerjasama, akan lanjut," katanya, Jumat (23/9/2022).
 
Ia melihat posisi Jl Sumur Bor dan keberadaan obyek heritage merupakan daya tarik pengunjung. Terutama berdekatan exit Tol Solo-Yogya dan bandara Adi Soemarmo. Sepanjang Jl Sumur Bor akan dikonsep Royal Shopping Street Premium. Yakni pusat perdagangan berbalut nuansa cagar budaya atau mal heritage. 
 
Ia memastikan para pelaku usaha skala rumah tangga yang sudah lebih dulu berada di kawasan itu bakal diberi ruang berjualan. "Enggak ada penggusuran PKL. Pasti diakomodir," katanya. 
 
Selain menggunakan aset sepanjang Jl Sumur Bor, PUD Aneka Usaha juga akan memakai lahan seluas 2 hektare milik Dispertan PP di area balai bibit Jl Adi Soecipto. 
 
PT Sinergi Colomadu selaku pengelola aset eks PG Colomadu menyambut positif rencana kolaborasi dengan PUD Aneka Usaha terkait pengembangan bisnis di kawasan tersebut. 
 
Marketing Manager PT Sinergi Colomadu, Achmad Ridho mengatakan pihaknya mendapat hak pengelolaan aset eks PG Colomadu selama 30 tahun dari kerjasama antara PT PP Tbk dan PTPN IX. Total terdapat 30 unit rumah dinas yang sebagian besar terbengkalai. 
 
"Revitalisasi ini akan dikembangkan menjadi royal shopping street premium. Sebuah mal heritage yang ada di dekat De Tjolomadoe," katanya.
 
PUD Aneka Usaha kemudian dapat memanfaatkannya untuk outlet dagang dari merek terkenal, tenant fesyen, food and baverage serta pojok UMKM. 
 
Ia mewanti-wanti revitalisasi jangan meninggalkan prinsip penataan bangunan cagar budaya. Menurutnya, tak semua bangunan itu kategori cagar budaya karena sebagian bangunan baru. 
 
Ia menyebut kawasan itu sangat potensial. Selain lokasinya yang strategis juga ada patung MN IV yang akan dijadikan ikon mal heritahe tersebut. (Lim)

Credits

Bagikan