Kompol Tony Priyanto Wakili Polri Studi Banding ke Jepang

user
Tomi Sujatmiko 23 September 2022, 16:23 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Anggota Polda DIY, Kompol Tony Priyanto SIK terbang ke Jepang mewakili institusinya. Perwira yang bertugas sebagai Sespri Spripim Polda DIY ini, mengikuti Japan International Cooperation Agency (JICA) yang merupakan kerjasama Polri dengan Kepolisian Jepang.

Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto SIK mengatakan, Kompol Tony Priyanto merupakan satu-satunya anggota Polda DIY yang berangkat ke Jepang. Kegiatan tersebut merupakan kerjasama Polri dengan Kepolisian Jepang dalam rangka studi banding tentang Polisi Masyarakat (Polmas).

"Kami tentu bersukur karena dari sekian banyak Polda di Indonesia, Polda DIY mendapat kepercayaan dari Mabes Polri mengikuti program studi banding tentang Polmas," ungkap Kabid Humas, Jumat (23/9/2022).

Untuk ikut berpartisipasi, lanjut Kabid, Tony Priyanto harus mengikuti tahapan seleksi yang diikuti sejumlah anggota Polri seluruh Indonesia. "Harapan kami, setelah kembali nanti, apa yang sudah didapatkan di Jepang bisa dimodifikasi untuk dilaksakan di Indonesia," pungkasnya.

Dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Tony mengatakan, ia mengikuti studi banding ke Jepang mulai 16 September hingga 22 Oktober 2022 bersama 11 anggota Polri lainnya. Kegiatan yang diikutinya, sudah berjalan sejak 20 tahun dan Polri selalu mengirimkan perwakilannya, kecuali tahun 2020 dan 2021 karena pandemi Covid-19.

Mereka mempelajari dan membandingkan sistem Kepolisian di Jepang untuk diadopsi atau diadaptasi penerapannya di Indonesia, disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat Indonesia. Kepolisian Jepang, ungkapnya, merupakan salah satu Kepolisian di dunia yang dianggap paling berhasil menerapkan community policing (Polmas) sehingga citra dan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap polisinya sangat baik.

"Harapannya, kami mewakili Polri mengambil pelajaran dan pengalaman serta hal-hal baik untuk diterapkan dalam sistem kepolisian Indonesia. Khususnya tentang strategi community policing atau Polmas, agar Polri bisa seperti kepolisian Jepang yang sangat dipercaya dan dicintai oleh masyarakatnya," tutup Akpol angkatan 2007 ini. (Ayu)

Credits

Bagikan