Menteri LHK: Cilacap akan Menjadi Pahlawan Program Kampung Iklim

user
Danar W 24 September 2022, 08:10 WIB
untitled

Krjogja.com - CILACAP – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya, meresmikan Eco Smart Green House di Kampung KB GADIS, Kelurahan Tegalreja, Cilacap Selatan, Jumat (23/9/2022). Acara dirangkai dengan Panen Raya Sayur Hidroponik yang keduanya merupakan Program TJSL PT. Kilang Pertamina International RU IV Cilacap.

Eco Smart Green House merupakan salah satu program dan kegiatan Kampung KB GADIS (Guyub, Asri, Damai, Indah, Sejahtera) yang berlokasi di bantaran rel Kereta Api dan merupakan Pembinaan Program Kampung Iklim (ProKlim) Kabupaten Cilacap.

Direktur Operasi PT. KPI Didik Bahagia menjelaskan, Kampung GADIS lahir untuk menjawab permasalahan sosial dan lingkungan serta merupakan bukti nyata peran PT. KPI mendukung upaya pemerintah dalam menangani perubahan iklim.

“Disini digunakan panel surya berkapasitas 1000 watt sebagai sumber energi penggerak alat penyiram tanaman dan nutrisi di sentra hidroponik Eco Smart Green House. Selai itu, Kampung KB GADIS ini tahun 2021 berhasil menjadi Kampung Proklim Kategori Utama,” jelasnya.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengatakan, nantinya akan dilakukan kegiatan penanaman sayuran mulai dari penyemain, pembibitan, hingga pembesaran tanaman hidroponik di Eco Smart Green House yang merupakan Nursery Tanaman Hydroponik di Kelurahan Tegalreja.

“Produk sayuran yang dihasilkan nantinya akan dijual langsung atau diolah menjadi jus minuman, kerupuk, cheese steak, dan makanan ringan lainnya menjadi sumber pendapatan lokasi kampung iklim,” ujarnya.

Mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Kabupaten Cilacap dan dengan dukungan PT. KPI RU IV Cilacap dalam memelihara lingkungan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menobatkan Kabupaten Cilacap sebagai pahlawan Program Kampung Iklim secara Nasional.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, karena kita mati-matian akan menciptakan program kampung iklim seperti ini sebanyak 20.000 unit se Indonesia,” kata Menteri LHK dalam sambutannya.

Siti Nurbaya mengimbau kepada pemerintah, BUMN maupun swasta untuk membuat program yang bisa membangun kesadaran bersama terhadap perubahan iklim dan dampaknya.

“Saya kira kita merasakan situasi dimana dampak perubahan iklim itu sangat nyata. Contohnya di Banyumas tanggal 21 banjir, tapi di Kalimantan ada kebakaran. Jadi sekarang kita menghadapi situasi seperti itu. Ini juga memperngaruhi kalender tanam para petani,” pungkasnya.

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol dan penandatanganan Batu Prasasti oleh Menteri LHK. Selain itu juga dilakukan pemberian bantuan secara simbolis kepada Kampung KB GADIS sebesar Rp 150 juta dari PT. KPI, peninjauan Eco Smart Green House dan Panen Raya Hidroponik. (Otu)

Kredit

Bagikan