Inilah Detik-detik Prof Samekto Wibowo Tergulung Ombak Indrayanti

user
Agusigit 24 September 2022, 20:15 WIB
untitled

Krjogja.com - Krjogja.com - Rektor UGM, Prof Ova Emilia menyampaikan kabar duka salah satu keluarga besar UGM, sekaligus guru besar UGM, Prof Samekto Wibowo meninggal dunia setelah mengalami laka laut di Pantai Pulang Sawal atau Indrayanti, Tepus Gunungkidul, Sabtu (24/9/2022).

Kepada wartawan Rektor UGM menyampaikan kronologi kecelakaan yang menimpa guru besar Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM ini. Dari informasi dilapangan disampaikan Prof Samekto Wibowo meninggal dunia setelah terjatuh dari tebing dan tergulung ombak Pantai.

“Saat kejadian, kelihatannya beliau sedang foto-foto terus ada ombak. Jatuh telungkup, terus ada ombak lagi, terseret sebelum sempat bangun,” ungkap Ova pada wartawan.

Ova mengatakan almarhum diketahui mengikuti reuni sejak malam hari sebelumnya. Salah satu profesor UGM lainnya diketahui memiliki vila di kawasan tersebut dan digunakan untuk reuni.

UGM menurut Ova menyatakan kehilangan yang mendalam atas berpulangnya Prof Samekto Wibowo. “Kita sangat kehilangan, beliau sangat ngopeni dengan yang muda-muda dan memberikan kesempatan yang baik. UGM sangat berduka atas berpulangnya beliau,” tandas Ova.

Sebelumnya, berdasar keterangan SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, rombongan almarhum diketahui berfoto di tebing pantai sekitar pukul 11.00 WIB. Petugas SAR diketahui sempat memberikan peringatan agar rombongan menepi namun tidak mendapat tanggapan positif.

Akhirnya ombak besar datang dan korban terjatuh hingga sempat terseret ke perairan. Tim SAR sempat mengevakuasi, memberikan pertolongan dan berupaya membawa korban ke puskesmas.

Korban diketahui pingsan saat dievakuasi dan mulut berbusa diduga karena terlalu banyak meminum air laut. Korban sempat dievakuasi ke Puskesmas Tepus sebelum akhirnya meninggal dunia. (Fxh)

Kredit

Bagikan