Dispar Kulonprogo Gelar Anugerah Desa Wisata

user
Agusigit 24 September 2022, 21:35 WIB
untitled

Krjogja.com - KULONPROGO - Penjabat (Pj) Bupati Kulonprogo Drs Tri Saktiyana, menyampaikan selamat kepada para pemenang sekaligus menyambut baik Lomba Desa Wisata yang diadakan Dinas Pariwisata (Dispar) setempat bekerjasama dinas/ instansi terkait.

"Lomba gelar potensi desa wisata menebar pesona sebagai upaya meningkatkan dunia kepariwisataan Kulonprogo. Kabupaten Kulonprogo terus mendorong sektor pariwisata berkembang dan maju, tentu tidak saja hanya untuk meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan masyarakat tapi juga ingin merukunkan sekaligus membahagiaan masyarakat para pelaku desa wisata," kata Tri Saktiyana saat menghadiri Anugerah Desa Wisata 'Menebar Pesona' di Kompleks Objek Wisata (Obwis) Pantai Glagah, Kapanewon Temon, Sabtu (24/9).

Sementara itu Desa Wisata Hargotirto Kapanewon Kokap dinobatkan sebagai juara satu Lomba Desa Wisata yang diadakan Dinas Pariwisata (Dispar) Kulonprogo. Sedangkan Desa Wisata Purwosari, Kapanewon Girimulyo dan Desa Wisata Sidorejo Kapanewon Lendah serta Desa Wisata Hargorejo Kapanewon Kokap ditetapkan masing-masing sebagai juara dua, tiga dan empat.
Sementara itu Desa Wisata Nglinggo Kapanewon Samigaluh dan Desa Wisata Banjarasri Kapanewon Kalibawang sebagai juara harapan satu dan dua.

Hasil penilaian juara desa wisata muncul setelah melalui proses penilaian yang dilakukan tim penilai yakni GKR Bendara (Ketua Badan Promosi Pariwisata DIY), Bobby Ardyanto Setyo Ajie SE (Ketua GIPI DIY), Dr Ani Wijayanti (Dosen Universitas BSI), Drs Octo Lampito MPd (Pimpinan Redaksi SKH Kedaulatan Rakyat) dan Martha Sasongko, SSi (Presenter Jogja TV).

Anugerah Desa Wisata juga dihadiri Ketua DPRD Kulonprogo Akhid Nuryati SE, Kepala Dispar DIY Singgih Rahardja dan Paniradya Pati Kaistimewan DIY Aris Eko Nugroho SP MSi. Rangkaian kegiatan diwarnai asah terampil pariwisata dan kirab gunungan 22 desa wisata serta dimeriahkan penampilan penampilan Aftershine, Derradru dan Nyi Ageng Ethnic dengan dipandu host Rio Srundeng dan Tere Sotil.

Kepala Dispar setempat, Joko Mursito MA mengatakan, lomba gelar potensi desa wisata menebar pesona diikuti 22 desa wisata di kabupaten Kulonprogo. Agenda tersebut berlangsung cukup panjang, lantaran penilaian dilakukan setiap weekend. "Satu desa wisata berhak atas penilaian dalam waktu 24 jam. Juri yang beranggotakan lima orang bertindak seakan-akan menjadi wisatawan yang ada di desa wisata yang sedang mereka nilai," ungkapnya.

Adapun yang dilombakan atau dinilai tentang ide kreatif dan inovatif dalam mengemas paket wisatanya di desa wisata. Kegiatan tersebut ungkapnya sebagai ihtiar untuk membiasakan pengelola desa-desa wisata agar siap setiap saat ketika ada kunjungan wisatawan di desa wisata mereka.

"Ini bagian dari upaya mengikuti alur pusat yang telah menetapkan tren pariwisata Indonesia adalah wisata desa dan desa wisata," jelas Joko menambahkan pihaknya berupaya keras memberikan sekaligus menyuguhkan yang terbaik untuk kemajuan sektor pariwisata Kabupaten Kulonprogo. (Rul)-

Peserta Anugerah Desa Wisata membawa gunungan dalam mengikuti kirab di Kompleks Obwis Pantai Glagah. KRJogja.com -Asrul Sani

Kredit

Bagikan