24 Penemu Purworejo Ikut Lomba Krenova 2022

user
Tomi Sujatmiko 25 September 2022, 17:28 WIB
untitled

Krjogja.com - PURWOREJO - Sebanyak 24 penemu dari Kabupaten Purworejo ikut dalam lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) Tahun 2022. Mereka bersaing menampilkan berbagai inovasi yang merupakan karya orisinal para peserta demi bersaing memperebutkan hadiah total puluhan juta rupiah.

Para peserta membuat inovasi di bidang agribisnis dan pangan, energi, kehutanan dan lingkungan hidup, kelautan dan perikanan, kesehatan, obat-obatan dan kosmetik, pendidikan, rekayasa dan manufaktur, kerajinan dan industri rumah tangga, serta sosial budaya. Mereka mempresentasikan hasil karya di hadapan tim juri yang ditunjuk Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Purworejo.

Sekretaris Bappedalitbang Purworejo Wahyu Mustiko Aji mengatakan, jumlah peserta Krenova 2022 mengalami penurunan. "Tahun lalu, sebanyak 25 inventor atau inovator Purworejo terdaftar ikut Krenova, tahun ini berkurang satu," ungkapnya, Minggu (25/9).

Menurutnya, Krenova merupakan agenda tahunan pemerintah Kabupaten Purworejo bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Lomba itu, katanya, merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada para mitra dan inovator atau inventor yang terus mendukung program pemerintah dalam memajukan berbagai produk inovasi.

Panitia pelaksana Krenova 2022, S Rahayu menambahkan, para peserta memperebutkan hadiah total Rp 29,9 juta. Hadiah hanya diberikan kepada enam peserta dengan inovasi terbaik. "Setelah itu, enam pemenang juga akan maju dalam Krenova tingkat Jawa Tengah pada tahun 2023. Pemenang akan diumumkan Oktober mendatang," katanya. (Jas)

Kredit

Bagikan