IPPAT Siap Digitalisasi Pertanahan, Antisipasi Mafia

user
Danar W 25 September 2022, 19:50 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Digitalisasi pertanahan dan antisipasi mafia tanah menjadi fokus Pengurus Wilayah (Pengwil) DIY Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) di usia ke- 35 tahun ini. Pengwil DIY IPPAT terus mempersiapkan PPAT dengan penguatan kemampuan, penguasaan teknologi informasi, juga pengalaman menjaga marwah PPAT.

"Sesua tema, HUT ke-35 dengan Penguatan Peran IPPAT dalam menjaga Marwah dan Jabatan PPAT. Dua tugas (digitalisasi dan antisipasi mafia tanah-red) membutuhkan energi dan kesiapan didukung pengalaman dalam penyelesaian masalah pertanahan," tegas Ketua Pengwil DIY IPPAT Heri Sabto Widodo SH kepada KRJOGJA.com disela Perayaan HUT Pengwil DIY IPPAT, Minggu (25/9/2022) di Tasneem Hotel.

Disebutkan banyak masyarakat ke kantor PPAT karena tanahnya tiba-tiba diakui milik orang lain dan sengaja dikondisikan melakukan peralihan hak atas tanah, pemalsuan sertifikat dan lainnya. "PPAT membuka layanan gratis konsultasi untuk antisipasi. Jangan mudah percaya orang tidak dikenal untuk pengurusan tanah," tegasnya.

Puncak HUT ke-35 IPPAT ini digelar dari pagi dengan jalan santai, senam pagi, makan pagi bersama, penampilan dari Pengda IPPAT (Kabupaten/Kota) dihadiri sekitar 250-an PPAT, dihadiri Kakanwil ATR/ BPN RI DIY Drs Suwito SH MKn. "PPAT dituntut untuk lebih teliti dan terus menambah pengetahuan dengan bekal pengalaman," tegas Heri.

Termasuk soal Keistimewaan DIY dengan tanah Kasultanan dan Pakualaman. "Sudah ada regulasi dari ATR BPN bisa diikuti mengenai Keistimewaan Yogya, dan PPAT berkoordinasi dengan Panitikismo/pihak Kraton dan instansi lain yang berperan. Saat ini ada 500-an PPAT di DIY, jumlah mendekati ideal dan terus menambah kemampuan," jelasnya.

Sementara dalam laporannya, Ketua Panitia Satriana Rusly SH MKn menyebutkan sebelumnya Sabtu (17/9/2022) dengan diikuti 30 peserta tim Touring INI-IPPAT DIY dan 10 orang perwakilan panitia melakukan ziarah makam para senior yang berjasa dalam membesarkan IPPAT DIY.

"Ziarah ke makam Alm Umar Samhudi, Alm CH Minarka, Alm Daliso Rudianto, Alm Fauzi Hertanto dan Alm Soerjanto Partaningrat di Boyolali," jelasnya.

Lebih lanjut usai memberikan sambutan Ketua Pengwil DIY IPPAT Heri Sabto Widodo SH menyerahkan plakat pada Kakanwil Drs Suwito SH MKn dan mantan Ketua Pengwil yaitu Tri Agus Heryono SH, R Sumendro SH, dan Hitaprana SH.

Dilanjutkan Pemotongan tumpeng oleh Ketua Pengwil DIY IPPAT didampingi Ketua Panitia, diserahkan kepada Kakanwil ATR/ BPN, Ketua Pengwil DIY INI Agung Herning Indradi P SH MHum, MKW IPPAT, Mantan Ketua Pengwil DIY IPPAT, Para Ketua Pengda IPPAT, Wreda PPAT. Acara berlangsung meriah dengan penampilan masing-masing Pengda IPPAT. (Vin)

Kredit

Bagikan