Perkuat Profil Pelajar Pancasila, Siswa Olah Sampah Jadi Barang Berguna

user
Danar W 26 September 2022, 07:10 WIB
untitled

Krjogja.com - TEMANGGUNG - Sekolah harus terus berinovasi dalam pembelajaran untuk peningkatan kualitas siswa dan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Apalagi zaman semakin berkembang, yang tentu ilmu pengetahuan juga berkembang pesat.

"Sekolah melalui para guru harus terus berinovasi dalam pembelajaran, selain pula memperkaya ilmu pengetahuan yang menjadi tuntutan guru," kata Anggota Komisi D, DPRD Kabupaten Temanggung, Bejo Nursiyam, Minggu (25/9/2022).

Dia mengatakan menjadi tantangan zaman adalah adanya inovasi pembelajaran. Inovasi ini diperlukan agar ilmu pengetahuan dapat tersampaikan secara efektif dan efisien serta tingkat pemahaman yang optimal dari siswa.

Tantangan lain, kata dia, perkembangan ilmu pengetahuan berkembang pesat. Jika guru tidak mau belajar dalam menambah ilmu pengetahuan, ia akan tertinggal. Bila ini terjadi yang kasihan adalah siswa sebab tidak menguasai ilmu terkini.

Maka itu, kata dia, DPRD mendorong dan mendukung upaya-upaya sekolah untuk menggelar peningkatan kapasitas guru serta menambah fasilitas sekolah yang dibutuhkan.

Dia mengatakan gelar karya siswa yang dilakukan SMP Negeri 2 Selopampang Temanggung juga sebagai upaya aplikatif dalam inovasi pembalajaran pada siswa.

"Siswa bersentuhan langsung, atau mempratekkan ilmu yang didapat dan diwujudkan dalam karya," kata dia.

Dia mengatakan apalagi gelar karya siswa dalam pengolahan sampah itu untuk mewujudkan dan menguatkan profil pelajar Pancasila. "Harapan kegiatan secara periodik dapat terus dilakukan dan sekolah lain juga menggelar hal yang sama dengan tema yang beda," pungkasnya. (Osy)

Kredit

Bagikan