Amanah Masyarakat Itu Tidak Ringan, Dewan: Lurah Harus Banyak Belajar

user
Ary B Prass 26 September 2022, 10:57 WIB
untitled

 
Kontestasi pilihan lurah (Pilur) di 21 kalurahan di Kabupaten Bantul  telah selesai.  Setiap wilayah sudah memiliki calon pemimpin sesuai kehendak rakyat. Perbedaan pilihan dalam ajang  Pilur Minggu harus segera disudahi.  Masyarakat harus bersatu mendukung lurah terpilih dalam membangun wilayah.
 
"Sebanyak 21 lurah yang terpilih harus bisa bisa 'ngomong' semua.  Walaupun kemarin dalam prosesnya terjadi beda pilihan,  tetapi setelah proses pemilihan selesai harus bisa mengakomodir semua.  Amanah dari masyarakat itu tidak ringan," ujar Sekretaris Komisi A DPRD Bantul, Jumakir, Senin (26/9/2022).
 
Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut mengatakan, bahwa 21 lurah terpilih mesti  bisa mewujudkan visi misi yang sudah disampaikan kepada masyarakat  dalam proses tahapan kampanye. 
 
Jumakir juga mengungkapkan, lurah terpilih incumbent  atau baru terpilih harus banyak belajar. "Terkait dengan incumbent dan semua lurah terpilih harus  belajar dan belajar.  Karena aturan dari pusat itu kadang cepat berubah.  
 
Oleh karena itu harus mengamati dalam perencanaan, penganggaran, pelaksanaan termasuk laporan pertanggungjawaban, ini harus sesuai dengan aturan semuanya," ujarnya.
 
Dijelaskan, terkait permasalahan dimasing-masing kalurahan berbeda. Tidak sebatas pada urusan infrastruktur, tetapi pembenahan atau persoalan dimasyarakat beragam. Mulai  peningkatan ekonomi, pendidikan hingga sektor pertanian.
 
"Di Kabupaten Bantul ini kan sudah ada yang namanya  sebagai kalurahan Mandiri. Bicara kalurahan Mandiri ini kan macam-macam mulai infrastruktur,  peningkatan SDM masyarakat, perkembangan perekonomian," jelasnya.
 
Nantinya dinas harus meningkatan kapasitas dari teman-teman lurah  terkait dengan pemahaman pemerintahan dan aturan pemerintah. (Roy)
 

Kredit

Bagikan