270 Warga Mendaftar Panwascam di Bawaslu Magelang

user
Agusigit 26 September 2022, 13:45 WIB
untitled

MUNGKID - Sebanyak 270 warga telah mendaftar sebagai Panwascam pada Pemilu serentak 2024 di Bawaslu Kabupaten Magelang, Senin (26/9/2022). Bawaslu magelang akan menutup pendaftaran sesuai jadwal, pada Selasa (27/9/2022).
 
Ketua Panitia Pendaftaran, Muchammad Yasin Awan Wiratno mengatakan antusiasme warga mendaftar sebagai penyelenggara Pemilu 2024 yakni Panwascam termasuk tinggi. 
 
"Kebutuhan Panwascam sebanyak 63 atau 3 orang di 21 kecamatan, " kata Muchammad Yasin, Senin (26/9).
 
Dia mengatakan untuk keterwakilan perempuan, jika ditilik perkecamatan ada beberapa yang belum terpenuhi.  Diantaranya di Kecamatan Muntilan dan Pakis. Harapan pada sisa waktu pendaftaran bisa terpenuhi.
 
Dikatakan di tiap kecamatan setidaknya ada 6 pendaftar dengan memperhatikan pendaftar perempuan. Jika sampai batas akhir ternyata tidak ada pendaftar perempuan maka harus ada perpanjangan pendaftaran. 
 
"Namun bila dalam perpanjangan tetap tidak terpenuhi maka pentahapan diteruskan sesuai jadwal," kata dia.
 
Dikemukakan berdasarkan pengecekan awal, sebagian pendaftar belum pernah sebagai penyelenggara pemilu baik ditingkat kecamatan, desa maupun TPS. Tetapi sebagian ada yang telah beberapa kali menjadi penyelenggara seperti sebagai Panwascam, Panitia Pengawas Lapangan, Pengawas TPS, petugas KPPS, PPS dan PPK. 
 
Dia mengatakan setelah pendaftaran ditutup, selanjutnya akan dilakukan verifikasi. Seperti umur minimal 25 tahun, tingkat pendidikan yang dibuktikan dengan ijazah, surat keterangan sehat dan lainnya. " Pendaftaran melalui email ada yang kurang melampirkan ijazah," kata dia.
 
Dia berharap pada pendaftaran panwascam tersebut dapat berjalan dengan lancar dan sesuai target,yakni terpilih panwascam yang sesuai persyaratan dan dapat memegang regulasi.  (Osy)

Kredit

Bagikan