Selenggarakan Pendidikan Profesi Advokat, Ikadin DIY Gandeng FH UMY

user
Ivan Aditya 26 September 2022, 22:11 WIB
untitled

Krjogja.com - BANTUL - DPD Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) DIY terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas para Advokat. Seorang Advokat dituntut untuk dapat pofesional dalam menjalankan profesinya. Dengan menjadi Advokat yang profesional maka akan mampu mendukung tegaknya supremasi hukum di negeri ini.

Meningkatkan kualitas para Advokat merupakan salah satu program yang diusung Ketua DPD Ikadin DIY, Guntarwan Indar Wibowo SH. Sejak dilantik awal September ini, Guntarwan Indar Wibowo SH langsung menunjukkan langkah nyata untuk mewujudkan Ikadin DIY menjadi organisasi yang terhormat dan bermartabat melalui para Advokatnya.

Diantaranya menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, salah satunya perguruan tinggi. Kerjasama yang dilakukan yakni dalam hal pendidikan kemahiran Advokat atau pendidikan khusus profesi Advokat.

"Untuk meningkatkan kualitas Advokat, DPD Ikadin DIY menggandeng dunia pendidikan dengan beberapa universitas," kata Guntarwan Indar Wibowo disela pertemuan dengan Dekan Fakultas Hukum (FH) UMY, Iwan Satriawan SH MCL PhD di FH UMY, Senin (26/09/2022).

Pertemuan ini membahas pelaksanaan penyelenggaraan Pendidikan Profesi Advokat (PPA) yang akan digelar di FH UMY. Sebelumnya penandatanganan nota kesepahaman telah dilakukan antara DPD Ikadin DIY dan FH UMY.

Pendidikan tersebut dilakukan sebagai syarat bagi calon Advokat sebelum menjalankan tugas dan kewajiban profesi. Dalam pendidikan nantinya para Advokat akan dibimbing langsung para pengajar, baik dari DPP Ikadin maupun dari FH UMY.

“Advokat anggota Ikadin DIY harus meningkatkan kualitas diri. Hal ini sebagai upaya menjunjung tinggi nilai-nilai luhur hukum yang tentunya akan menjadi bagian dari profesinya," imbuh Guntarwan Indar Wibowo.

Ia berharap dengan penyelenggaraan pendidikan maka nantinya akan menghasilkan Advokat yang berani dan cerdas. Juga memiliki akhlak dan martabat yang mulia dalam membela kebenaran masyarakat.

Dalam kunjungan di FH UMY, Guntarwan Indar Wibowo didampingi Waket I DPD Ikadin DIY Tito Hadi Priyatna SH, Waket IV DPD Ikadin DIY Agus Kuncoro SH, Waket VI DPD Ikadin DIY Sumarni SH. Hadir pula Kadiv Manajemen Organisasi DPD Ikadin DIY Doni Yuwono dan Sekretaris DPD Ikadin DIY Taufiqurrahman SH.

Sebelumnya kerjasama serupa juga telah dilakukan DPD Ikadin DIY bersama Fakultas Hukum (FH) Universitas Widya Mataram Yogyakarta. Perjanjian dengan penandatanganan MoU yang telah dilaksanakan Kamis (22/09/2022) lalu tersebut menguatkan kerjasama penyelenggaraan provesi Advokat anggota DPD Ikadin DIY. (*)

Kredit

Bagikan